Road to Mid-Autumn Festival: Kue Bulan dan Makna Perayaannya di Masa Kini

Kue bulan atau moon cake rasa pasta lotus mix egg yolk.
WARGA Tionghoa memiliki beberapa perayaan setiap tahunnya. Salah satunya, Mid-Autumn Festival yang dirayakan setiap penanggalan 15 bulan ke-8 setiap tahun. Ini perayaan terbesar kedua setelah Imlek.

Tahun ini, Festival Pertengahan Musim Gugur ini dirayakan Selasa, 21 September mendatang. Lantas apa yang membuat saya tertarik menuliskan ini setiap tahun? Saya kini memaknainya lebih dalam. Road to Mid-Autumn Festival: Kue Bulan dan Makna Perayaannya di Masa Kini. Ya, festival ini punya penganan khas yang unik. Yakni kue bulan atau moon cake.

Bukan sembarang penganan, tapi ternyata ada makna di balik kue bulan itu. Ada makna di balik bentuknya yang bulat. Ada makna di balik telur asin (salted egg yolk) yang terkandung di dalamnya. Apa?

Tentang hari kumpul bersama keluarga, menikmati kue bulan di tengah sinar rembulan di malam hari. Maknanya, rasa suka cita akan utuh, dan tak habis-habis, akan selalu mengelilingi keluarga tercinta yang merayakannya, pribadi lepas pribadi.

Saya masih ingat pernyataan teman, cici Linda Lee tentang kue bulan dan makna perayaannya di masa kini. Kue bulan ini, kata dia, kalau dibelah, isian eggyolknya bulat. Itu melambangkan bulan purnama. Bulan purnama penuhkan bentuknya bulat. " Nah, telur asin ini lambang berkat tak berujung supaya keluarga harmoni. Saat berkumpul bersama, makan bersama, disinari sinar terang bulan," ujar ci Linda.

Dia menyebutkan, kue bulan itu lambang doa dan harapan baik. Rasa manis dari kue bulan berpadu dengan telur asin akan membuat siapa saja yang mencicip, bahagia.

Kue bulan vegetarian buatan Buddha Tzu Chi. I love and i miss these cake.
Pertemuan pertamaku dengan kue bulan ini dimulai 2012 lalu. Saat itu ada Pameran Kue Bulan dan Penjualan Produk yang terbuat dari barang recicle di Nagoya Hill. Salah satu pusat perbelanjaan di kota tempatku tinggal. Pameran ini ditaja Yayasan Budhha Tzu Chi Batam. Sebagian besar, pelakunya para relawan dari kalangan ibu-ibu.

Saya tertarik membeli barang recycle itu. Satu pouch yang terbuat dari bahan parasut bekas kain payung rusak, dan diperjumpaan sekarang, pouch itu kerap kugunakan sebagai underwear pouch setiap traveling atau tugas luar.

Nah, selain membeli itu, saya tertarik mencicip penganannya. Kue Bulan. Dibuat vegetarian. Bahannya tak dimasak. Isiannya bervariasi. Ada lotus, kacang merah, mint, durian, taro, dan lain-lain. Warnanya sangat fancy sekali. Satu kotak isi tiga atau empat. Harganya saat itu, sekitar Rp 60 ribu per paket.

Saya membelinya dan definitely i loved it. Dan sejak itu, setiap tahun saya tak pernah absen membelinya.

2020, pandemi tiba. Saya sedih, alamat tak bisa membeli kue bulan. Ya, semua perayaan yang melibatkan orang banyak dipostphone semua. Jangankan perayaan, jadwal mall saja terbatas, hidup semua serba terbatas. Seruan #DiRumahSaja atau #StayAtHome bergema dan siap tak siap kita harus menurutinya.

Namun, Tuhan maha baik. Akhir September, cici Linda menghubungiku. Dia mengatakan, baru saja membuka toko perlengkapan bahan-bahan kue, yang ia beri nama  Claire Baking Supplies, di Ruko The Summer, Batam Center.

Selain menjual aneka perlengkapan dan bahan-bahan kue, rupaya ci Linda juga membuka kelas baking course, menjual dan menerima orderan membuat cakes dan aneka cookies. "Saya lagi buat kue bulan juga neh Chay," ujarnya kala itu.

Saya tak tertarik awalnya. Why? Saat itu moon cake vegetarian dari Buddha Tzu Chi, rasanya tak tergantikan di lidahku. Apalagi, mengingat ada telur asin di dalam kue bulan itu, saya kurang suka.

"Coba dulu deh Chay kue bulan buatanku," ungkap Ci Linda.

Saya pun memenuhi janji, mengunjungi tokonya. Tahun lalu itu, cuma ada dua rasa kue bulan yang dia buat. Rasa pasta lotus dan juga lotus egg yolk.

Bentuk kue bulan ini beragam sesuai perkembangan zaman. Namun, ci Linda tetap membuatnya sesuai bentuk aslinya, yakni bundar dengan kisaran 8-10 cm dengan ketebalan 4-5 cm. Kulitnya ini biasanya berukir kata dalam huruf mandarin, yang artinya: Harmoni dan umur panjang.

Pas mencicipnya, oh my goodnes, pasta lotusnya juara. Awalnya nggak berani cobain yang lotus mix egg yolk, tapi karena dipaksa, ya sudah. "Eh kok enak". Dan saya suka.

Nah tahun ini, meski belum tiba tanggal 21 September, tapi Claire's sudah mulai membuka open PO untuk pemesanan kue bulan ini dong. Saya nggak mau ketinggalan, langsung order dua biji. Rasa kesukaan. Pasta lotus dan egg-yolk.

Nah, kemarin orderanku tiba. Langsung makan satu biji yang egg-yolks. Sambil menuliskan ini malam ini, saya menghabiskan satu lagi sisanya, yang rasa pasta lotus.

Oh ya, tahukah kamu kue bulan sendiri sebenarnya merupakan pia padat? Kue ini yang paling banyak dipesan warga Tionghoa setiap Mid-Autumn Festival tiba adalah adalah kue bulan dengan isian telur asin. Rasanya manis dan sedikit berminyak, juga gurih dan wangi yang berpadu dari biji lotus dan telur asin. Try it, and you will love it.

Paket kue bulan isi dua lengkap dengan alat makannya.

Packagingnya manis ya. Sayang buang kotaknya.
Bagaimana dengan harga? Harga Moon Cake di Claire's ini sesuai dengan rasa. Bahan-bahan yang dibuat juga dari bahan alami, tanpa pemanis buatan, dan yang terpenting hand-made. Selain itu packagingnya juga premium banget dengan kotak apik, dan masing-masing moon cakenya dibungkus manis dan sudah tersedia satu set pisau dan alat makan di dalamnya. Mereka sangat memperhatikan kehigienisan dan kualitas produk.

Khusus kamu warga Batam dan Kepri yang ingin memesan kue bulan yang rasanya terjamin enak dan berkualitas, ayo buruan order di Claire's. Open POnya terbatas lho!!! Nanti saya sisipkan nomor telepon dan alamatnya di bawah ya.

Harusnya kan kue bulan ini dinikmati warga Tionghoa saja kan di zaman dulu, namun peradaban yang berubah, eksodus besar warga Tionghoa ke berbagai belahan dunia dengan tanpa melupakan tradisi, telah membuat eksistensi kue bulan ini tak terbatas. Dia bisa dinikmati siapa saja. (*)

Dari kue bulan ini saya mengambil kesimpulan:

Penganan tak berbatas ras, meski itu membentuk tradisi dan kebudayaan. Siapa saja boleh mencicipnya. - All love, Cya

 

Informasi:

CLAIRE'S BAKING SUPPLIES
Ruko The Summer, Batam Center.
Phone: +6285264156225
Jadwal buka: 07.00 - 19.00 WIB (everyday)

12 comments :

  1. Pernah merasa kuih bulan ni. Kebetulan kawan saya yang masak sendiri. Kuih bulan ni kalau saya makan nak kena cari yang halal. Saya juga suka rasanya. Enak juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. thanks for visiting my blog.

      Kebetulan kue bulan yang saya post ini, vegetarian friendly, so tentu itu halallah ya kan. Iya benar, kue bulan enak kalau isiannya benar dan good cooking.

      Salam kenal ya.

      Delete
  2. Sedapnya kue bulan. Di Malaysia juga penuh dengan pelbagai jenis kue bulan di mana jua. Saya jadi teringin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go beli kue bulannya sekarang. Saya sudah repeat order kue bulan karena saya suka. hehe

      Delete
  3. Mooncake fav akak yang ada kuaci dan egg yolk sekali tu. Akak boleh makan sorang tanpa menyedari sudah habis hahaha. Nanti nak cari kuih bulan. Nyummy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya samething like you kak. Tanpa sadar saya juga sudah abisin satu bulat penuh hahaha. Oh yang mooncake isi gojin atau kuaci? saya kurang suka kak.

      Delete
  4. Tahun ni puas makan kuih bulan, rezeki sana sini orang beri untuk merasa.. tapi Sis tetap suka kuih bulan tradisi.. lain macam feeling dia kalau makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya same. Saya juga masih suka kue bulan tradisional seperti postinganku ini.

      Delete
  5. kuih bulan ni sedap, walau bukan perayaan untuk orang islam, tapi dengan adanya kuih bulan halal di pasaran kami pun boleh merasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Karena memang penganan tak berbatas ras dan agama kan? Semua orang bebas makan meski pun kadang ada dinikmati sesuai perayaan tertentu.

      Khusus umat Muslim, yang penting tak mengandung lard and pork ya kan kak..

      Salam kenal and thankyou for visiting my blog. ciao

      Delete
  6. Beberapa hari ni, saya banyak dapat diskaun untuk pembelian kue bulan. Terima kasih untuk perkongsian ni. Nampak sedap!

    ReplyDelete

Designed by catatan traveler | Distributed by catatan traveler