Kuliner Batam : Lima Dessert Terbaik Claire's Cake Shop

Fresh fruit pie by Claire's Cake Shop. (picture taken by me)
SAYA penikmat makanan manis. Aneka cake yang kerap kali dicicip setelah makan makanan utama, akan menjadi hal terpenting yang saya lakukan. Nggak hanya saat makan siang, bahkan malam pun, kalau ingin ngemil, saya lebih suka menikmati sepotong bolu, cake krim keju, atau hanya dua biji coklat dan segelas teh panas tanpa gula daripada sebungkus nasi ayam penyet.

Konon katanya, penikmat dessert manis cenderung memiliki karakter ramah, helpful, dan selalu positif dalam menjalani hidup. Namun, di balik itu, juga karakternya sangat sensitif, mudah terluka, dan akan tersinggung ketika ranah pribadinya diulik tanpa seizinnya. Ya jelaslah Marimarrrrr.. siapa juga yang mau ranah pribadinya demen diulik-ulik? elaaaah. Saya nggak sepenuhnya menampiknya sih. Based on mood and reality-kan itu semua ya?! Yang jelas, moodku bisa berubah menjadi lebih baik, lebih bersemangat ketika sudah menyantap aneka dessert bercitarasa manis.

Nah, kali ini, saya mau memperkenalkan dessert favoritku, yang kesemuanya tersedia dan bisa dipesan dari Claire's Cake Shop Batam.
Suasana di Claire's Cake Shop Batam.

Sekilas mengenai Claire's Cake Shop. Sebenarnya ini toko baru buka sekitar tiga bulan lalu.  Tidak hanya cake shop, toko ini juga menjual aneka jenis alat dan perlengkapan baking, bahan-bahan kue, hingga tempat kursus baking. Pokoknya one stop service untuk segala keperluan bahan kue-kuean dan minuman, tersedia di sini. Lengkap dan juga dengan harga terjangkau. Itulah mengapa nama lengkapnya juga dikenal sebagai Claire's Ingredients, Bakeware, Cake Shop, & Baking Course.

Suasana belanja di Claire's ini  sangat nyaman. Juga wangi dan bersih. Di sini, untuk setiap pembelian kue, ada yang display, tapi juga kebanyakan pesan (pre-order).

Ya sudah deh, tanpa perlu berlama-lama, ini dia Lima Dessert terbaik di Claire's Cake Shop, yang bisa dipertimbangkan bagi penikmat kuliner Batam, yang menjadi favoritku:

1. Ontbijtkoek (onbikuk)

Onbijtkoek
Segala kue yang berbau rempah khas Indonesia saya suka. Nah, onbijtkoek ini, kue bolu khas Belanda (mirip bolu klasik yang lembut) yang terkenal jadi kudapan keluarga di Manado, Sulawesi Utara dan juga di Ambon. Tekstur dan bau bolu ini sangat khas. Wangi rempahnya sangat kuat, karena di dalamnya terdapat bahan campuran seperti bubuk cengkeh, kayu manis, dan pala.

Bolu ontbijtkoek ini bahan dasarnya dibuat dari tepung gandum hitam. Tampilannya saat saya beli itu, persegi panjang dengan warna khas coklat. Di atasnya bertabur irisan almond. Dibungkusnya rapi dan mewah dengan kotak gold, diikat pita lagi. Cakep. Rasanya manis (not too sweet) dan lembuuut banget.

Setiap setelah pesan, bolu ini selalu jadi kudapanku di pagi hari dengan segelas teh melati panas tanpa gula. Atau bahkan saat malam hari, saat perut lapar melanda, sambil nonton drama Korea.  _pantesan gendut kau kak_

2. Red Velvet 

Red velvet
Ini dessert peringkat kedua. Si bolu merah-putih yang terbuat dari tepung, mentega, susu, keju, gula, dan krim keju. Red velvet ini, mau itu potongan slice, disajikan di kotak kue transparan, atau in a bottle-jar seperti yang lagi tenar sekarang ini, tak semuanya saya menyukainya. Tampilan ok akan sia-sia kalau rasanya biasa saja. Saya lebih mengutamakan rasa.

Di Claire's, red velvet ini disajikan di kotak transparan premium dengan topping parutan keju dan juga velvet scrumble. Rasanya favoritku banget.  Manis dari bolu merah dengan gurih asamnya krim keju putih berpadu dalam mulut. Satu sendok ok. Sendok kedua lanjut, sampai sudah habis setengah baru sadar, eh ini kalorinya berapa sudah? Baru deh sisanya simpan di kulkas, biar bisa dinikmati keesokan harinya. hahaha

3. Choux a la Creme a.k.a Kue Sus

Choux a la creme (sus ala krem) atau kue sus atau (kalau mantanku bilangnya) cream puff ini,  nggak semuanya saya suka. Tergantung tekstur dan rasa roti dan juga isi flanya. Kadang, kue sus ini dibuat asal jadi. Rotinya kadang rasanya keasinan, manis asin kaya oralit, atau agak ada pahitnya. Terus, isian flanya encer atau kental nggak jelas kebanyakan tepung. Kalau sudah seperti ini, saya nggak bakal makan deh.

Nah, beli di Claire's, kue susnya beda banget. Rotinya lembut dan manis (manisnya dari gula asli, bukan dari sari gula). Flanya premium dengan dua pilihan rasa, yakni krim coklat dan krim putih.

Kue sus dan buah pir untuk sarapan pagiku.

Kue sus dari Claire's. Pesannya ke nomor yang tersedia di wadahnya ini yaaa..

Apa yang membuatnya berbeda dari yang lain? Tekstur fla yang dihasilkan sangat sempurna.Tidak encer dan tidak kental kelat. Rasanya lumer di mulut. Wangi rum dan rasa manis gula berasa banget.

Beli di Claire's, satu kotak Choux a la creme ini isi enam. One is never enough.

4.Fresh fruit pie 

Ini pie mood booster buatku. Pienya berbentuk bulat yang diisi krim fla susu vanilla dengan aneka topping buah-buahan segar. Seperti irisan kiwi, jeruk,anggur, dan juga strawberry. Rasanya segar, nggak terlalu manis, dan pienya yang krispi enak di mulut.

Cici Linda Lie and i.
Biasanya kan, pie ini kecil-kecil yang cukup dimakan hanya dalam dua gigitan. Nah kali ini, saya mendapat yang gede banget. Pie ini nggak saya beli. Namun diberikan secara surprise sama cici Linda, owner Claire's, buatku di hari ulang tahunku, empat hari lalu. "Today is your birthday-kan? This is for you," ujarnya sambil memberikanku fresh fruit pie ini.
 
Dari mana dia tahu saya ulang tahun? Jelas saja saya terharu. Apalagi setelah mencicip rasanya, enak banget. _Sebentar, sebenarnya penilaianku sama makanan itu seperti apa sik? Apa cuma dua grade? enak sama enak banget? Ah entahlah.hahaha_

5. Moon Cake
Ci Linda dan kue bulan buatannya di dapur Claire's Cake Shop.
Setiap tahun saya tak pernah absen membeli kue bulan meski pun harganya selalu naik alias makin mahal. Setiap tiba perayaan Festival Kue Bulan, saya akan membelinya, apa pun alasannya.

Saya membelinya yang versi vegetarian. Kue bulan yang tak dimasak, melainkan dibuat dari tepung ketan olahan dengan beragam warna-warni lembut dan isian manis seperti lotus, kacang hijau, mint, dan rasa lainnya. Saya selalu membelinya dari festival Buddha Tzu Chi yang selalu rutin mengadakan bazaar tiap tahun. (Terakhir, atau tahun lalu, saya membeli yang satu paket isi tiga, harganya Rp 85 ribu)

Namun, akibat pandemi Covid-19, Buddha Tzu Chi Batam tak mengadakan bazaar. Sempat hopeless. Tak akan ada kue bulan vegetarian tahun ini ( Saya merindukan rasanya). Eh tiba-tiba cici Linda mengadakan open pre-order kue bulan dong. Ada dua rasa, pasta lotus dan telur asin. Tentu saja saya pesan lotus karena tak suka telur asin.

"Coba dulu deh. Telur asin juga enak. Malah ini yang paling banyak dipesan," ujar ci Linda sambil memotong kue bulan berbentuk bulat dan menyodorkannya kepadaku.

Icip dong. Eh kok enak? Nggak bau amis kaya kebanyakan. Rasanya asin berpadu manis dan wangi dari pasta biji lotus. Sedikit berminyak dan lembut. Enaaak banget. Ini kali pertama saya bisa menghabiskan kue bulan rasa telur asin. Sebelum-sebelumnya, kue bulan yang selalu diberikan kolega (Nggak pernah beli yang isian telur asin soalnya) selalu tak pernah saya habiskan dan selalu memilih memberinya kepada teman.

Nah kue bulan ini-kan nggak setiap saat diproduksi. Hanya sekali setahun saja saat mendekati perayaan Mid Autumn Festival. Kepada ci Linda saya bilang: Ci, kalau ada open PO kue bulan lagi, saya mau ya? hahaa. Rasanya nggak sabar menunggu festival kue bulan tahun depan untuk pesan di Claire's lagi.

Itulah lima dessert favoritku dari Claire's Cake Shop. Sampai jumpa di ulasan kuliner kesukaanku yang lainnya yaaa.. (***)


Informasi:
Claire's Cake Shop and Baking Supplies
Ruko The Summer, Blk. A2 No.1, Batam Kota, Batam
HP: +62 85264156225


24 comments :

  1. Gambar pertama aja udah bikin ngiler. Sebagai penikmat kue dan roti, aku bakal ke sinilah klao nanti ada kesempatan ke Batam lagi. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu coba aneka kue dari Claire's cake shop ini mba. Mudahan next time mereka ready banyak jenis kue setiap harinya. Untuk sekarang, kebanyakan PO. Display setiap hari ada tapi stock nggak banyak karena kuenya dibuat fresh terus.

      Delete
  2. Hidup sudah terlalu pahit ya, jadi harus diisi dengan makanan yang manis-manis?

    Kalau saya memang bukan penikmat makanan seperti ini. Kalau habis makan, ya ditutup dengan buah, meskipun sebelum makan berat pun sudah dibuka dengan buah :)

    Makanan kecil seperti ini 'jahat' sih buat tubuh. Nggak mungkin banget makannya cuma sedikit, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Hidup udah banyak paitnya, bok ya makan ya harus manis-manis dong. Biar seimbang..hwahahaha

      Delete
  3. Kak, aku kok jadi craving for something sweet gara-gara lihat foto dan baca postingan kak. Terutama bagian kue bulan. Lah, kue bulan cuma ada di waktu tertentu padahal. Huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf kalau jadinya craving. hehe
      Iya, kue bulan Claire enak banget. Ini kue bulan terenak yang dimasak buatku. Sebelumnya selalu beli yang vegetarian. Pernah coba kue bulan dari mana-mana, nggak ok.

      Delete
  4. Desain interior dan penataan display di Claire's Cake Shop Batam rapi banget ya. Nyaman banget untuk pengunjung shopping disana

    ReplyDelete
  5. Waaa..pie fruitnya bikinku mupeeeng.. Dih, asli pengen nyicip deh. Senangnya ada cake shop keren begini. Kesukaan makan manis jadi mudah terpenuhi ya Kak.

    ReplyDelete
  6. Yassshhhh itu kue sus kenapa bikin ngilerr amat sihhh? Bahaya ini buat timbangan badan. Bisa mledukk. 😆

    ReplyDelete
  7. Duh kok ya aku tertambat lagi di makanan enak-enak ya..Hari ini sudah beberapa pos membaca tentang makanan dan semuanta sukses bikin ngiler. Semoga kalau mampir ke Batam nanti bisa pula menikmati dessert Terbaik dari Claire's Cake Shop ini. Selain makanannya suasananya juga asik ya di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya uni. Kapan ke Batam, kabarin yah. Chaya ajak ke cake shop ini.

      Delete
  8. Diantaranya yang disebutkan, yang belum pernah mencicipi kue bulan. Itu.cita rasa seperti apa ya? Isiannya lotus tu maksudnya biji teratai? Seperti bakpia kah rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bahannya dari pasta biji teratai. Wangi.
      Rasanya boleh dibilang mirip bakpia, cuma ini lebih lembut, oily, dan enak banget.

      Delete
  9. Alamatnya di Batam Center ya Chay? Di jalan apa? Saya salah satu penggemar pastry apalagi kue sus. Bahkan pagi-pagi buat sarapan pun lebih suka main kue sus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada alamatnya saya sematkan di bawah tulisan. Nggak baca sampe abis yaaaa

      Delete
  10. Ya ampun asli ngiler dengan kue-kuenya, tak hanya tampilan yang juara, rasanya pasti enak ya, kalau dibuat penuh cinta rasanya pasti tak terkira..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget mba Dewi.. Benar. Apa pun yang dibuat dengan cinta rasanya pasti nikmat. Segala sesuatu yang dikerjain dengan niat, hasilnya selalu baik.

      Delete
  11. Waahh.. Aku paling suka kue sus! Duh, baca ini jadi pengen makanan manis2 deh, ahaha

    ReplyDelete
  12. Hadeuh aku kalau ada yang posting2 dessert jd lemah hahaha :D
    Kayaknya enak2 semua yaa terutama pie buahnya itu :D
    Wah meskipun gak ada event lagi beruntung masih bisa kangen2nan memesan dan menikmati kue bulan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kujuga lemah klo melihat dessert. Yang tadinya udah kenyang banget jadi laper lagi klo ada dessert.wkwkwk

      Benar, Tuhan maha baik. Di saat kue bulan kesukaan nggak ada tahun ini, tapi tetap bisa menikmati kue bulan dengan rasa terbaik. God is good.

      Delete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates