Bersama Serta Aku Melepaskan Insomnia

TIDUR itu bukan hanya istirahat saja, melainkan suatu proses yang harus dilalui dalam proses pertumbuhan dan meregenerasi sel tubuh dan kulit kita.

Hal ini yang diungkapkan  Mukti Argo Pambudi, Branch Manager  Serta, Matras Nomor 1 Berkualitas dari Amerika di Indonesia saat acara Gathering Serta di Living Soul, Plaza Indonesia, 21 Maret 2018.


Lha kok bisa kamu hadir Chay? Yap!!! Kebetulan saya lagi di Jakarta. Ada ajakan dari mak Ucil, anggota Blogger dari Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB), maka saya pun mengajukan diri ikut, dan di accepted. Horeeee!!!

Everything happen for a reasons. Ya, i do agree with that quote. Saya ikut di gathering ini, bisa saja menjadi jalan sembuh bagi insomnia yang sudah saya lalui lebih dari tiga tahun belakangan. Saya sudah berjuang untuk itu selama ini. Membeli masker tidur, mencoba menjauhkan hobbi nonton drama Korea, menjauhkan ponsel dari jangkauan. Namun, tetap saja tak bisa tidur. Setiap memejamkan mata, pikiran selalu berkecamuk. Random.

Kerap kali menangis. Kok bisa sik saya masih melek padahal orang-orang sudah terlelap dan bahkan bermimpi lebih dari lima tema bahkan? Kok bisa sik ini sudah dini hari saya nggak bisa tidur? Sering, saya bisa tidur setelah adzan subuh dari masjid di depan rumah berkumandang. _tears_

Mukti memberikan penjelasan mengenai tidur yang nyaman.
Dan mendengar pernyataan langsung dari om Mukti itu, bahwa tidur bukan hanya istirahat melainkan proses... Itu jelas sekali menampar kembali semangatku untuk sembuh dari  Insomnia.

"Healthy lifestyle itu bisa dilihat dari tiga komponen, yakni Sleeping, Meal, and Sport," jelas om Mukti.

Benar banget. Saat ini banyak orang Indonesia take it for granted. Khususnya sleeping atau tidur neh. Tidur ini sangat penting bagi kesehatan. 1/3 dari hidup kita itu adalah tidur. Lantas bagaimana mengatur pola tidur yang baik? _Dengarkan ini hai pejuang insomnia!!!_

"Di dalam Serta, sesuai tagline-nya, membuat matras terbaik di dunia, tidur itu selain dipenuhi keinginan daging sendiri, juga harus memenuhi unsur kenyamanan ruangan, ambiance, matras, dan juga lampu. Good sleep on your mattress," jelas om Mukti.

Ada tiga pengaruh, orang bisa tidur, yakni Waktu, Kenyamanan, dan Cuaca. Tahukah kamu guys? Tidur itu sangat penting untuk tubuh kita. Kurang tidur akan membuat orang kecelakaan, jatuh, dan bahkan menurunkan daya ingat. Terparah, merusak konsentrasi. Untuk inilah Serta menghadirkan matras modern dengan bahan berkualitas dan nyaman, yang bisa menghasilkan Good Sleep, Good day, and Good Life.


Menikmati tidur berkualitas, matras yang berkantor pusat di Hoffman States, Illinois, Amerika Serikat ini telah mengadakan penelitian cara tidur. Dari hasil penelitian ini, ada dua karakter tidur, yakni Back Sleeper (tidur lurus) dan Side Sleeper (tidur samping), serta gabugan dari dua-duanya.  Dalam proses tidur, om Mukti menjelaskan orang akan jujur pada dirinya sendiri. Dimana, mereka akan mencari posisi ternyamannya saat tidur. "Nah dari comfort zone inilah Serta menciptakan suasana tidur ternyaman bagi penggunanya," jelas Om Mukti.

- Menikmati Proses Tidur

Sesi HypnoTherapy bersama mbak Diana Elsa Voni
Ada beberapa tahapan proses yang harus kita lalui saat tidur:
  • Light Sleep Transition
  • Stage Transition from light sleep to deep sleep
  • Stage Deep Sleep (Pada fase ini, tubuh akan me-restore physical healt. Di sini, proses regenerasi kulit kita diperbaharui dan diperbaiki)
  • Rapid Eyes Movement (Pada fase ini, segala kesedihan, masalah, atau apa pun yang terjadi di belakang hari akan diperbaiki. Makanya REM ini disebut sebagai stage with restores mental and emotional healt).
Lantas bagaimana kita yang kesulitan tidur mengatasi itu semua? Matras yang nyama tak melulu membuat orang gampang tidur. Keadaan diri, kondisi mental, dan kebutuhan nutrisi tubuh berpengaruh juga.

Fokus menggunakan bandul.
Bersyukur banget, dalam gathering Serta ini, Living Soul juga menghadirkan terapis mbak Diana Elsa Voni. Sang yogi berhijab ini memberikan praktik langsung bagaimana menjalani tidur yang teratur dan melepaskan penderitaan insomnia.

Momen ini jelas tak saya sia-siakan. Mbak Diana memberikan cara tidur ala hypnotherapy dengan bantuan pendulum yang bentuknya kece.

"Pendulum ini akan membuat kita fokus pada tujuan yang hendak dicapai. Pendulum ini bukan sihir, melainkan media fokus bagi kita untuk relaksasi sebelum tidur," Diana Ela Voni

Tak hanya terapi, di gathering ini juga menghadirkan nutrisionist yang ramah, Alvin Hartanto. Ia seorang pria yang tersohor di Instagram berkat pola hidup sehatnya dan keramahannya dalam membalas satu persatu pertanyaan followersnya yang berkeinginan mengikuti pola hidup sehatnya.

Istirahat otak akan meningkatkan kreatifitas. 

Begitu yang Alvin ungkapkan. Menurutnya, tidur menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kreatifitas. "Saya selalu minta, kala saya tidur, jangan pernah dibangunin. Biarkan saya bangun sendiri. Karena tidur, mempunya waktunya sendiri. Saat tubuh siap untuk bangun, maka ia bangun sendiri," jelasnya.



Berikut manfaat tidur ala Alvin Hartanto:

  1. Mengistirahatkan otak akan meningkatkan kreatifitas
  2. Mengurangi stres
  3. Mengistirahatkan fisik (otot, sendi, dan tulang)
  4. Detoksifikasi (mengistirahatkan organ)
  5. Meningkatkan hormon tubuh
  6. Meremajakan sel-sel tubuh
  7. Memberikan efek self healing
Namun, selain tidur, orang-orang juga perlu memperhatikan pola nutrisi dan gaya hidupnya.

How to maintain healt? eat just natural food, olahraga 2 sampai 3 kali seminggu, sleep, and repeat. Mengenai makanan, jangan pakai mecin. Mecin membuat kadar garam dan air dalam tubuh meningkat

Tips mengenal tubuh dengan baik, Alvin juga mengemukakan, di badan setiap orang itu memiliki kebutuhan kalorinya masing-masing. Demikian juga dengan berolahraga, yang perlu dilakukan itu adalah rajin menggerakkan tubuh dan konsisten.


"Segala sesuatu yang berlebihan itu nggak bagus. Uang bisa dicari tapi kesehatan nggak bisa dibeli"
Oh my God Alvin, ini benar banget.. hiks. 
Thankyou Alvin.
Bagi yang insomnia seperti saya, berikut bahaya kurang tidur yang wajib kita waspadai:

  • Menaikkan hormon leptin yang bisa meningkatkan nafsu makan.
  • Menaikkan kadar kolesterol
  • Metabolisme tubuh melambat
  • Tidak fit dan gampang lelah
  • Gampang sakit
  • Menurunnya produktifitas sex
  • Menaikkan berat badan.
Nah, bagaimana mengatasinya? berikut tipsnya supaya bisa tidur cepat:
  • Hindari cafein di atas pukul 16.00 WIB
  • Mandi air hangat untuk efek relaksasi
  • Pilih suhu ruang yang tepat
  • Hindari olahraga malam hari (Padahal ini yang sering saya lakukan)
  • Hindari blue light dari ponsel
  • Saat hendak tidur, pastikan 100 persen lampu padam.
Usai mengikuti The Essentials of Healthy Lifestyle ini, bertanya dan curhat langsung ke pakarnya di hadapan para rekan-rekan blogger KEB, saya langsung menyadari betapa rusaknya gaya hidup, gaya makan, dan hancurnya waktu tidur yang saya lalui.  Di dalam hati saya berjanji: BERSAMA SERTA AKU MELEPASKAN INSOMNIA. Dan malam usai acara itu, saya berhasil tidur pukul 12.40 am. Suatu kemajuan luar biasa dimana hari sebelumya saya tidur pukul 04.35 pagi. Terimakasih buat Serta, Living Soul Plaza Indonesia, KEB, dan semuanya. Gathering ini sangat bermanfaat bagiku untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

PS. Setelah sesi terapi dan konsultasi itu,saat itu juga kuputuskan untuk bertarung melawan insomniaku. Saya ingin hidup lebih lama. ***


- Hal Penting Wajib Kamu Tahu Tentang Serta

"Untuk menjawab ini, Serta brand Amerika yang tenar di Eropa dan kini merambah Asia menjawab kebutuhan tidur dengan menghadirkan matras yang devoted to comfort, innovatif, dan juga mengandalkan kualitas. Ini suara konsumen yang selalu kita dengar," jelas om Mukti.

Terbukti memang. Brand ini telah mendapatkan penghargaan Woman Choice Award di Amerika dari mulai tahun 2014 sampai 2017 lalu.

Betapa tidak, matras ini terdiri dari dua bagian yakni comfort and support yang menyesuaikan tujuh zona tubuh manusia. Materialnya terbuat dari matress pabric dengan luxurious belgium knit dengan desain jumbo. Bahan pencipta rasa nyaman sendiri terdiri dari wool, latex dan memory foam yang sudah dilengkapi teknologi Dynamic Cooling System.

Dengan bahan ini, matras Serta ini pure health dan anti kuman.

Living Soul di Plaza Indonesia, Jakarta.

Nah, bagi kamu-kamu yang ingin mendapatkan aneka jenis produk ini, bisa langsung mengunjungi showroomnya di Living Soul di lantai 3, Plaza Indonesia. Bisa juga mengunjungi akun Instagramnya di Serta Mattress ID





9 comments :

  1. Ya ampyunn.. kupikir Serta itu nama orang atau nama suplemen, rupanya merek kasur. Kalau yang insomnia aja bisa sembuh kalau pakai Serta, apalagi yang nggak insomnia. Bisa malas bangun nih tiap hari....

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat tips nya bagi penderita yang susah tidur... akan saya share keteman2 yang mengalaminya juga... kasian juga dengar mereka jam 2 pun mata masih melek

    ReplyDelete
  3. Aku nih Kak...sering ngalong tengah malam. Hehehe. Apalagi kalo anak sakit..hmm, alamat ngeronda..

    ReplyDelete
  4. Mungkin karena olahraga malam itu kaka jdi jd makhluk nokturnal hehe..ato pengaruh pikiran atau metabolisme tubuh.

    ReplyDelete
  5. Berapaan ya harga Matras SERTA itu. Lumayan dapat pengetahuan baru nih.

    ReplyDelete
  6. Aku mah gak insomnia tapi emang bandel tidur larut terus, sok sibuk nulis padahal entah apa-apa yang dikerjakan.

    Btw itu kasurnya cakep ya, emang lagi nyari kasur buat Chila nih. Bisa jadi referensi.

    ReplyDelete
  7. Matras berkualitas memang sangat penting utk istirahat. AK sering Baca manfaat Matras serta ini, gak sekadar nyaman utk tidur.... BTW dulu ak juga insomnia, ak terapi berenang tiap malam sejam

    ReplyDelete
  8. Iyess...sy suka tidur gelap krn mempercepat proses tidur.
    Tp klu kasurnya bagus dan empuk jg bisa makin cepat tidur lg ya
    Ayo chay....berjuang terus supaya tidur normal lg

    ReplyDelete
  9. Tidur yang berkualitas itu memang sangat baik untuk tubuh makanya harus ditunjang dengan tempat tidur yang oke.

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates