Isi Waktu Luang dengan Belajar Finansial Lewat Games Mortgage Calculator

Main Farm Town Games saat menunggu teman di salah satu kafe di belakang kantor.

APA yang kamu lakukan saat memiliki waktu luang? scroll sosial media lewat ponsel, membaca buku, atau bermain game? Atau malah tidur? Kalau saya, mengisi waktu luang dengan belajar finansial.


Wait!!! Waktu luang kok diisi dengan belajar? Ya jelas dong. Kalau belajarnya asyik dengan media games atau permainan, pasti nggak bosan. Ya, saya belajar finansial lewat permainan.


Ini bermula saat saya dalam perjalanan menuju Singapura. Menggunakan kapal laut. Lupa membawa buku bacaan, dari pada saya tertidur, saya memilih membuka ponsel dan iseng mencari permainan lewat internet. Dari daftar pencarian itu, saya diarahkan ke mortgagecalculator.


Lha? Ini kan situs dan aplikasi yang berfokus pada perencanaan dan penghitungan finansial dan keuangan? Ini linknya pasti ngaco. Pikirku. Namun, saya tetap membuka situsnya. Dan ternyata, situs ini juga punya kategori permainan dong. Aneka pilihan permainannya ramah anak lagi.


Sudah begitu, tidak asal main yang cuma menghabiskan waktu, tapi permainan di sini, seluruhnya adalah games yang bisa mendidik anak menjadi pengusaha, menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan, politik, hingga games yang memicu kesadaraan untuk mencintai lingkungan. WOW!!! saya amaze banget sama situs ini.

Ready to play Farm Town.

Ada lebih dari 11 pilihan permainan untuk anak. Diantaranya Real Estate Games, Money Games, Cryptocurrency, Farming Simulation, Grocery Store, Restaurant Simulation, Business Simulation, Software develompment games, Office Politics Games, Enviromental games, dan lebih dari 50 total pilihan permainan lainnya secara keseluruhan.


Saya suka pedesaan. Alamnya yang indah dengan rumah warga yang pasti ada peternakan dan pertaniannya, rasanya nyaman dan sentosa saja di situ. Jadi, atas dasar kesukaan itu, saya pun memilih permainan Farming Simulation Games.


Farming Simulation Games atau Farming Town Game ini, kita sebagai pemain membangun bisnis berbasis pertanian. Permainan ini terdiri dari 40 level. Masing-masing levelnya, kita diberikan waktu 10 menit untuk menyelesaikannya. Permainan ini mulai dari level satu. Dimana kita mulai menanam gandum, memanennya, mengumpulkannya. Lantas ketika lumbung sudah penuh, kita bisa menjual gandum tersebut menggunakan mobil box merah ke kota untuk mendapatkan poin atau dana.

Simpan gandum di kotak penyimpanan produksi. Kalau sudah penuh hasil panen, bisa dijual dan terkumpul deh poin eh koinnya.

Nah, selanjutnya, begitu dana poin terkumpul, kita gamers bisa menggunakannya untuk membeli lebih banyak benih lagi. Ada sampai 50 benih untuk kita tanam di pertanian. Poin berupa koin itu juga bisa kita gunakan membeli peralatan kuliner untuk berdagang, membeli hewan ternak, atau membuat produksi pangan yang baru di dapur.


Setiap level memiliki tujuan unik yang dapat berkisar dari uang tunai yang diperoleh, hingga menciptakan sejumlah produksi makanan tertentu.


Kalau kita cukup punya poin, kita juga bisa meng-upgrade mobil box merah menjadi truk, dengan begitu muatannya lebih banyak dan kita lebih cepat mendapatkan poin yang lebih banyak. Atau bisa juga memperbesar lemari penyimpanan untuk menyimpan hasil produksi pertanian dan peternakannya.


Permainan ini cukup mudah. Ikuti saja instruksi sesuai arahan di layar ponsel atau laptop Anda.


Saya sangat menikmati memainkan games ini selama di kapal. Waktu satu jam tidak terasa. Kapal yang kutumpangi pun sudah tiba di Harbour Front, Singapura. Saya menutup ponsel, bersiap turun menuju ruang imigrasi. Selanjutnya menuju penginapan untuk beristirahat, karena besoknya saya harus menjalankan tugas jurnalistik.


Namun, begitu sampai hotel, menyimpan barang, membersihkan diri, bukannya istirahat malah kembali membuka permainan ini dan melanjutkannya. Saya sudah dua bulan ini memainkan Farming Simulation ini. Setiap punya waktu luang, baik saat menunggu teman di kafe, atau antri di depan kasir, saya pasti memainkan game ini. And it was fun as always.

Saya bahagia dengan permainan dari Mortgage Calculator ini.

Permainan ini sangat ramah anak. Para orang tua wajib memperkenalkannya kepada anak-anaknya. Mengapa? Karena having funnya saat memainkan games dapat, edukasinya juga dapat, khususnya dalam menjalankan usaha bisnis, melakukan perhitungan dan pengadaan barang. Kita butuh permainan sejenis yang bukan hanya menghabiskan waktu penggunanya, tapi malah mengisi waktu dengan belajar lewat permainan.

 

Mau seperti saya, bermain games sambil belajar? Aneka permainan lainnya juga bisa Anda coba di Mortgage Calculator ini. Sebut saja Tractor Mania, Grocery, Idle Money Tree dan lain-lainnya. (*)


-Manfaatkan waktu luang dengan belajar, pilih permainan yang dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan untuk menjadikan Anda menjadi pengusaha sukses-


Post a Comment

Designed by catatan traveler | Distributed by catatan traveler