Games Online Edukatif dari Plays.Org Buat Anak Lebih Kreatif


"ORION sing 'happy birthday' to auntie Chay. Today is her birthday," ujar Flora, sang mama kepada putri semata wayangnya, Orion Nebula.

"No. Mama saja," ujar Orion tegas sambil fokus main game melalui media iPad miliknya. Orion, balita perempuan berusia 3 tahun empat bulan.

"Wah, anak manis, don't be like that. Always be kind baby. Nanti sehabis main game, bunyi alarm 30 menit, tutup gadgetnya ya. Habis itu kamu sing a song 'happy birthday' buat auntie Chaycya ya," pinta mamanya.

"Oke mama," jawabnya.

"Thankyou," ujar mamanya lagi.

"You're welcome mama," jawabnya lalu kembali fokus main game.

Saat itu, Orion sangat fokus bermain Connect the Dots Games Ocean Animal. Salah satu permainan dari plays.org yang paling dia gandrungi saat ini.

Plays.org

Balita aktif itu sangat anteng saat memainkan game ini. Dia asyik sendiri menghubungkan titik-titik super dasar sehingga membentuk gambar binatang kesukaannya.

Menurut mamanya, Flora, permainan ini dia loloskan untuk dimainkan Orion, karena ini menjadi salah satu game yang bisa membantu anak kecil mendapatkan kepercayaan diri, mempelajari binatang sambil mengikuti petunjuk yang sangat mudah dipahami. Tak hanya itu, lewat berbagai game di Plays.org ini juga bisa membiasakan diri si anak berinteraksi lewat komputer atau pun gadget. Games online edukatif dari Plays.Org buat anak lebih kreatif

Apalagi saat ini, di era pandemi, seluruh kegiatan kita mayoritas dilakukan melalui gawai, laptop, dan berbagai turunannya. Rapat online, laporan pekerjaan ya disampaikan online, bahkan sampai urusan game anak pun wajib online.

Nah, dari pengalaman ponakanku ini, saya menjadi sadar, di perjumpaan dewasa ini, teknologi membuat kita terhubung secara global. Smartphone bukan hanya milik orang dewasa saja, melainkan sudah tak berbatas usia. Dari yang pengelompokan kebutuhan tersier, kini berubah menjadi kebutuhan primer. Baik anak atau manusia dewasa, semua wajib punya.

Anak-anak pun kini sudah sangat akrab bahkan tak bisa lepas dari yang namanya gadget itu. Fungsinya? Kalau orang dewasa lebih menggunakannya sebagai alat komunikasi dan bermedia sosial, sedangkan anak lebih banyak difungsikan untuk bermain game atau menonton.

Seluruh game kini bebas dibuka dari berbagai aplikasi apa saja. Butuh bimbingan orang tua untuk memantau permainan dalam jaringan (game online) apa saja yang cocok. Para orang tua, khususnya papa dan mama muda, perlu tahu bahwa game bukan hanya sekedar hiburan menghabiskan waktu buat anak, tapi juga game yang bisa mengedukasi dan merangsang perkembangan motorik, kepintaran, dan pengetahuan, serta kreativitas sang anak.


Nah, bagi para orang tua yang sedang mencari rekomendasi permainan game edukasi anak, Plays.org merupakan situs permainan yang bisa dijadikan alternatif pilihan utama. Ada ratusan jenis permainan yang tersedia di aplikasi ini. Tidak terlalu sulit untuk memainkannya.

Aneka Jenis Permainan Online untuk Anak


1. Fight Virus Covid-19 Hospital Simulation


Pada permainan ini, gamers akan dibawa ke salah satu rumah sakit.  Di sini, anak diajari supaya menjaga jarak, bagaimana berinteraksi di resepsionis dengan menempatkan gamersnya sebagai pasien. Cara mainnya, menjaga pasien berjalan melalui rumah sakit secara efisien sambil menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah COVID-19, serta tidak membebani rumah sakit. Edukatif banget ya kan. Stay Home, Stay Safe menjadi kampanye games yang wajib diungguh ini.

 2. Cute Shapes: Color & Shape Art Game for Children/Toddler


Ini adalah aplikasi permainan sederhana untuk anak kecil. Di sini, balita bisa mengenal bentuk, warna, ukuran dan sudut.

Bagaimana cara memainkannya? Pilih bentuk dari sisi kiri lapangan bermain; kemudian sesuaikan ukuran dan sudut menggunakan tombol di bagian bawah layar; Atur warna menggunakan contoh di bagian atas halaman; lalu tambahkan wajah untuk melengkapi bentuknya. Kemudian tambahkan yang lain ke playing fieldnya. Sangat gampang bukan?

Selain itu, ada juga aneka jenis permainan lainnya seperti: Easter games, Bouncing Eggs game, Dora, Dog,dan ratusan jenis game lainnya. Seluruh jenis permainan ini bisa diunggah dan dimainkan dari smartphone berbasis Android Anda.


Yang paling seru dari aneka jenis permainan melalui aplikasi  ini, karena sudah dilengkapi instuksi cara memainkannya. Tahap demi tahap. Jadi, para bunda bisa menjelaskannya secara singkat mudah kepada anak kesayangannya masing-masing saat on screen time tiba. Keren banget kan? (*)

 It's a happy talent to know how to play games with Plays.org

Post a Comment

Designed by catatan traveler | Distributed by catatan traveler