Mengunjungi Nuvasa Bay: Wajah Baru Kota Batam Padukan Keindahan Miami dan Gold Coast

nu
nuvasa bay, resort di batam
At last, i have come into a dreamland
BANGUN di pagi hari dengan pemandangan tepi pantai yang indah. Menyeruput teh hangat lalu menggigit sepotong roti sambil dihibur deburan lembut suara ombak bergulung menerpa pasir putih. Seirama dengan itu, ayunan puluhan nyiur melambai terpampang langsung di hadapan. Nyanyian alam maha sempurna itu terus berlanjut hingga petang. Pulang dari kerja, menuju balkon belakang rumah, maka pemandangan hutan taman mangrove yang hijau dengan sinar pendar matahari terbenam di kejauhan pun terpampang nyata. Dari balkon itu juga, menyaksikan para caddy mengendarai buggy bersiap meninggalkan lapangan golf menjadi pertanda bahwa malam hari akan tiba. Suasana itu, tak lama lagi bisa dinikmati setiap hari bagi penghuni unit The Nove phase satu dan dua Nuvasa Bay, hunian ala resort di Batam persembahan dari Sinar Mas Land.
nuvasa bay, resort di batam,
SUASANA kamar di The Nove Kalani Tower, tipe studio.Membuka tirai, pemandangan pantai tropis Nuvasa langsung terhampar.
Membayangkan itu saja, saya sudah merasa damai. "Akhirnya saya bisa melihat, hunian yang saya impikan selama ini, kini menjadi nyata. Nuvasa Bay hadir di Teluk Nongsa. Sedang berbenah. Mempersiapkan diri menjadi wajah baru Kota Batam," gumamku bangga.

Bukanlah suatu kebetulan saya mengunjungi tempat ini, lewat acara Nuvasa Bay Blogger Gathering 2019 bersama rekan-rekan Blogger Kepri, Sabtu (26/10) lalu. Petualangan sehari ini dimulai dari halte Masjid Raya di Batamcenter. Dengan menaiki bus menuju Nuvasa Bay di Nongsa. Tiba, berbincang dan bersantai sebentar sembari menikmati snack dan welcome drink. Lalu setelah itu, menikmati makan siang bersama di tengah suasana hujan sebelum acara inti dimulai, yakni presentasi dan Nuvasa Bay The Nove Phase 2 Project visit.

Mengunjungi Nuvasa Bay ini membuatku mengetahui lebih banyak. Dulunya, kawasan ini dikenal sebagai Palm Spring Resort,tapi kini bertransformasi menjadi kota mandiri yang prestisius, memadukan karakteristik keindahan dua kota pantai kelas dunia, Miami di Florida, Amerika Serikat dan Gold Coast di Australia.
nuvasa bay, resort di batam,
Media Strategist Sinar Mas Land, mas Harris Maulana.
"Konon Nuvasa Bay Batam ini akan menyaingi Miami di Amerika Serikat, atau mirip seperti Kota Gold Coast di Australia," ujar Social Media Strategist Sinar Mas Land, Harris Maulana di sela-sela presentasi produk properti Nuvasa Bay di Lantai dua Seaside Lounge, Marketing Gallery Nuvasa Bay siang itu sembari kami menunggu bersantap siang.

Benar saja. Lanskap kawasan ini memang merupakan paket lengkap persembahan dari Alam. Meminjam istilah Hawaiian, terdiri dari Kalani (Langit), Kaina (Laut), dan Kahua (Hijau/ hutan mangrove dan hutan tropis). Ketiga unsur ini menggambarkan keseluruhan alam yang melingkupi Nuvasa Bay yang direpresentasikan menjadi nama tiga hunian vertikal mereka.

___ 
nuvasa bay, resort di batam,

Titik awal proyek Nuvasa Bay ini dimulai 2017 lalu. Merupakan perencanaan Sinar Mas Land, pengembang properti terpercaya yang sudah 42 tahun berpengalaman bukan hanya membangun negeri tapi juga memiliki 'taring' di Asia Tenggara, Inggris, dan Tiongkok.  Kawasan ini dibangun di atas lahan 228 hektare yang berhadapan langsung dengan Selat Singapura. Memiliki garis pantai  sepanjang 1,2 kilometer yang juga saling terhubung dengan berbagai resort di Nongsa serta padang golf terbaik, Palm Springs yang dikelilingi hutan bakau yang hijau.

Untuk proyek ini, Sinar Mas Land memiliki komitmen membangun ekosistem kota pintar berbasis teknologi dengan nilai investasi mencapai Rp 9 triliun. Tak tanggung-tanggung, pembangunan proyek ini diluncurkan sebulan setelah pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo yang menyebutkan Batam menjadi kota digital hub antara Singapura dan kota-kota lainnya di Indonesia. Kala itu, Jokowi mengungkapkannya saat perayaan peringatan 50 tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Singapura yang saya hadiri langsung di Marina Bay Cruise Centre, Singapura, September, dua tahun lalu.

"Nuvasa Bay memang menjadi bagian dari komitmen kami, sekaligus mendukung pernyataan Pak Jokowi juga saat pertemuan bisnis forum beberapa bulan lalu. Membangun ekosistem kota pintar di Batam seperti yang telah dilakukan di kota mandiri terpadu di Jakarta, yakni BSD City," ujar Project Sales and Marketing Departemen Head  Sinar Mas Land untuk Nuvasa Bay, Raichan Bohari dalam presentasinya di hadapan kami para blogger.
nuvasa bay, resort di batam,
Raichan Bohari saat mempresentasikan fasilitas yang tersedia di Apartemen Kalani, The Nove.
Menandai hadirnya Nuvasa Bay sebagai wajah baru Kota Batam, Sinar Mas Land memperkenalkan produk properti pertama mereka, yakni The Nove phase atau klaster pertama. Mereka menargetkan kota ini bisa dinikmati secara utuh setelah berbagai pembangunan rampung pada 2032 mendatang. "Kota pantai dengan pemandangan alam yang indah ini kami targetkan selesai dibangun dalam 15 tahun mendatang," ujar Raichan.

Hunian klaster pertama ini mengusung konsep modern minimalis yang dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektare. Terdiri dari 157 unit rumah dan 38 kavling, serta 600 unit hunian vertikal yang terbagi ke dalam tiga tower, yakni Kalani Tower, Kaina Tower, dan Kahua tower. Ketiga apartemen ini dibangun berdiri sendiri. Masing-masing dalam satu area terbaik di ketinggian 20 mdpl.  Apartemen Kalani dibangun 19 tingkat, sedangkan apartemen Kaina dan Kahua 10 tingkat. Masing-masing tower memiliki view berbeda. Namun secara keseluruhan, dari ketiganya bisa melihat pemandangan laut dan pantai Nongsa yang indah. "Untuk phase pertama ini, unit terjual sudah di atas 80 persen," jelas Raichan.
nuvasa bay, resort di batam,
Ilustrasi landskap Kota pantai Nuvasa Bay. Source: Marketing Nuvasa Bay
Kawasan ini hadir di lokasi strategis. Hanya 30 menit ke negara tetangga Singapura melalui pelabuhan Nongsa Pura. Demikian juga ke Bandar Udara Hang Nadim, bisa ditempuh dalam rentang 10 menit berkendara. Tak hanya itu, untuk mendukung kota terpadu ini, pengembang Sinar Mas Land juga akan membangun outer ring road. Sehingga jarak tempuh warga yang tinggal di Nuvasa Bay ke pusat pemerintahan di Batam Center atau ke pusat bisnis di Nagoya bisa ditempuh hanya sekitar 15 menit. "Bebas akses kemana-mana," jelas Raichan.

Ke depan, kota di ujung utara Batam ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas internasional untuk memanjakan penghuni Nuvasa Bay pada khususnya, dan pengunjung pada umumnya. Ada pun fasilitas tersebut seperti resident and club house membership, hotel berbintang, rumah sakit, senior living building, golf and residential club, food and art, music and entertainment base, dan lainnya. "Kelak, hotel dan mall atau pusat perbelanjaan akan dibangun di tepi pantai. Berhadapan langsung dengan Laut Nongsa dengan pemandangan Singapura dan Malaysia di kejauhan," jelas Raichan sambil menunjukkan master plan Nuvasa Bay di lantai satu Seaside Lounge.
nuvasa bay, resort di batam,
SUASANA Specta Fame Nuvasa Bay saat acara pengenalan The Nove Phase 2 yang ditandai dengan pameran seni, dan juga musik di tepi pantai.
Bila Miami di Florida, Amerika Serikat menyajikan wisata kota pantai, lalu Gold Coast di Australia menyajikan beragam atraksi petualangan khas laut. Nah, itu semua bisa ditemui di Nuvasa Bay. Dalam satu kawasan. Sebut saja, padang golf Palm Springs yang selalu didatangi para golfer profesional dari dalam dan luar negeri. Ada juga Seaforest Adventure, pusat rekreasi terintegrasi. Ini menjadi tujuan edutainment favorit bukan hanya bagi para warga Batam tapi juga para turis dari Singapura, Malaysia, Korea Selatan, India, dan lainnya yang berkunjung ke Batam.

Di Seaforest Adventure Nuvasa Bay ini, kita bisa bermain di Aqua Adventure Track, flying bike, atau menikmati mandi di laut sambil bermain banana boat. Bagi penikmat petualangan menantang, bisa mengikuti tur telusur hutan bakau atau juga bermain Paintball.
nuvasa bay, resort di batam

Nongsa dalam perkembangannya kini, tengah berbenah menjadi pusat digital. Beragam perusahaan start-up hadir di sana. Sebut saja, Infinite Studio yang telah menghasilkan ratusan film yang tayang di berbagai bioskop dan saluran televisi internasional. Bercikal bakal dari Infinite, kemudian dibangun juga Nongsa Digital Park, serta Apple Academy untuk memenuhi tuntutan kerja yang serba digital di masa depan. Nah ini semua menjadi nilai plus dari Nuvasa Bay. Kota terpadu yang dikelilingi juga pusat industri digital.  Dapatkah kamu membayangkan kota pantai modern Miami tapi dikelilingi Silicon Valley, pusat orang-orang pintar di California Amerika yang kini keseluruhannya berada dalam satu kawasan di Nongsa? Nuvasa Bay? Keren banget kan!!! Ah tak sabar saya melihat ini di 2032 mendatang.

_________

Investasi Menjanjikan, Hadirkan The Nove Phase 2
nuvasa bay, resort di batam
Maket The Nove phase 2 Nuvasa Bay. Source: Marketing Nuvasa Bay.

NUVASA Bay menghadirkan unit-unit properti dengan nilai investasi yang menjanjikan. Sukses menjual 80 persen The Nove klaster pertama, ini menjadi pertanda baik bagi mereka melihat geliat bisnis properti dan berkeyakinan menghadirkan The Nove phase dua.

Salah satu spot proyek Nuvasa Bay. In frame: Narsih Asih, anggota Blogger Kepri.
Phase dua ini hadir dengan jumlah terbatas, hanya 66 unit rumah dan 40 kavling.  Khusus unit rumah dihadirkan dengan dua tipe. Yakni New Town House sebanyak 44 unit. Untuk tipe ini harga mulai Rp 2,1 miliar. Ada juga tipe Semi Detached sebanyak 22 unit dengan harga cash keras mulai Rp 2,5 miliar per unit. Ini menjadi hunian tapak terakhir yang ditawarkan Sinar Mas Land.
Tim Blogger Kepri mengunjungi proyek on progress New Town House di The Nove, hunian resort eksklusif di Nuvasa Bay dengan menaiki buggy. Seruuuuu!!!
Selain itu, tersedia juga kavling dengan luas area mulai 90-250 meter2 dengan harga mulai Rp 800-an juta.

Seluruh unit phase dua ini menghadap langsung Marina Bay Sand di Singapura. Sama seperti klaster pertama, masing-masing unitnya juga menghadirkan view laut, lapangan golf Palm Springs, Water driving range, serta pemandangan hutan bakau.


Kala diajak berkeliling ke lokasi proyek di atas ketinggian 20 mdpl dengan menaiki buggy, seluruh kondisi bangunannya sedang on progress. Pikirku, pantaslah tersemat, The Nove di Nuvasa Bay ini disebut sebagai hunian resort ekslusif perdana dan termodern di Indonesia yang memberikan warna baru bagi perkembangan dunia properti di Batam. Keindahan alamnya dari lokasi proyek ini terpampang nyata.


Pantas saja juga, proyek Sinar Mas Land ini, di masa proses pembangunannya mendapatkan beragam penghargaan. Sebut saja Winner of MIPIM Asia 2016, dimana Nuvasa Bay memenangkan penghargaan Best Futura Mega Project. Ada juga Housing Estate Award 2017 sebagai Most Favourite New Resort Apartment in Batam, serta sebagai pemenang Asia Pacific Property Awards Development 2017-2018.

"Untuk hunian The Nove, Nuvasa Bay juga mendapatkan The Best Condo Development dan The Best Landscape Development  dari Greater Indonesia, dan juga mendapatkan Indonesia Property Awards 2019. Tepuk tangannya dong," ungkap Raichan.

Oh ya, saat di lokasi proyek, Raichan menjelaskan, salah satu keistimewaan lainnya untuk hunian di The Nove Phase dua ini  adalah diperbolehkannya para pemilik untuk menyewakan unitnya masing-masing kepada para turis yang berkunjung ke Nuvasa Bay. "Bisa dihuni sendiri, bisa disewakan juga untuk mendapatkan passive income karena ke depan, Nuvasa Bay juga akan menjadi salah satu daerah tujuan wisata," jelasnya.

Menurutku, ini hunian spektakuler. Usai dari lokasi proyek, saya mendekati salah satu marketing Nuvasa Bay. Mbak Putri namanya.  Menanyakan seputar tipe studio di Kalani tower. Saat melihat unit contohnya, saya terpana dan jatuh cinta ingin membeli unit ini.


Sebenarnya ada tiga tipe pilihan di Kalani tower ini. Yakni:

  1. Tipe studio seluas 29,61 meter2.
  2. Tipe one bedroom seluas 59,6 meter2.
  3. Tipe 2 bedroom seluas 72,32 meter2.
Namun, saya lebih tertarik tipe studio. Satu kamar tidur yang tanpa sekat, menyatu ke dapur dan juga ruang tv. Ruangannya langsung terhubung ke teras yang berhadapan langsung dengan laut dan pantai. Lebih simpel, kecil dan privatisasi terjaga untuk seorang gadis milenial sepertiku. hehe.
Dapur idaman. Kecil tapi komplit di The Nove apartemen Kalani tipe studio.
Saat menanyakan tipe studio ini, mbak Putri yang juga menyupiri kami kala berkeliling kawasan Nuvasa Bay menyebutkan, sedang ada diskon 5 persen untuk pembelian unit apartemen di sana.

Ia juga menyebutkan, ada beragam promo spesial selama pemasaran unit The Nove Phase dua ini. Sebut saja bonus emas , voucer belanja, hingga promo cicilan menarik.
 "Memang untuk satu unit tipe studio harganya berapa mbak?" tanyaku sambil berbisik.
 Lalu mbak Putri menjawab: Harga di brosur sih mulai Rp 550 juta per unit.
Mendengar itu, saya langsung sadar diri, kekep dompet dan berdoa dalam hati: Tuhan, mampukan aku untuk membeli unit ala resort di Batam ini di masa depan. Amin. *Serius*
Calon penghuni The Nove tower Kalani.
Kini, tibalah saatnya mengakhiri Blogger Gathering  mengunjungi Nuvasa Bay ini, yang ditandai dengan mas Harris mengumumkan pemenang lomba kuis Live Twitter dan live Instagram. Kak Danan Wahyu, Angga Widodo, kak Lina Sasmita, teh Cucum Suminar, Asad Saputra, dan Taplin menjadi pemenang dua kuis tersebut dengan masing-masing mendapatkan voucer belanja. Dalam kunjungan ini, saya membuat kesalahan fatal: Salah menulis tagar. Yang Aturannya #NuvasaBayBloggerGathering, tapi saya menulisnya #NuvasaBayBloggerKepri. Secinta itu saya ke Blogger Kepri hingga namanya terus tersemat dalam live tweet yang saya lakukan. wkwkwk.

Ah tak mengapa, yang jelas pengalaman melihat langsung progress pembangunan hunian mewah terintegrasi pertama di Batam ini membuatku bisa melepas rindu terhadap para member Blogger Kepri lainnya. Selain itu, juga menjadi senjata penyemangat bagiku untuk bekerja lebih keras lagi supaya bisa memiliki hunian di sini. Berdomisili di sini, menikmati hari-hari dengan pemandangan alam khas pulau tropis, menghirup udara segar, melepaskan lelah, dan sepertinya menjadi tempat untuk menghasilkan ide dan membuat imajinasiku menjadi nyata. Nuvasa, Nu-face, Wajah baru bukan hanya bagi Batam tapi kelak menjadi rumah baru bagiku juga. Amin (***)

Serba-Serbi #NuvasaBayBloggerGathering

Ngumpul seru dan saat Mas Harris menyerahkan hadiah kepada para pemenang live tweet dan lomba story Instagram. Horeeee!!!
Ketika para emak-emak dan calon emak-emak ngumpul, ngerumpi deh dengan pemandangan nyiur melambai dan pantai Nuvasa yang jernih.
Penyerahan hadiah voucer kepada kak Danan Wahyu.

Penyerahan hadiah voucer kepada teh Cucum Suminar, kompasianer panutan.
Penyerahan hadiah voucer kepada mas Angga Widodo.


24 comments :

  1. yang penting sambil kegiatan sambil melepas rindu bersama blogger hehe

    ReplyDelete
  2. Aamiin..semoga terwujud punya rumah disana ya...jangan lupa syukuran undang blogger juga....heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Mohon dukungan doa ya mbak. Pastilah diundang. haha

      Delete
  3. Eh keren banget nih Nuvasa Bay, terimakasih infonya kk... Mau ambil satu nih properti di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Bakal jadi kota mandiri terpadu lho ini. Silakan ambil kak. investasi masa depan terbaik ini.

      Delete
  4. Gak usah jauh2 ke luar negeri ya kak, lah di kampung sendiri udah serasa kayak Miami..

    ReplyDelete
  5. Senang berjumpa dengan adik femes satu ini, sang pertualang..... Nuvasa Bay memang keren sekali ya, baper deh lihat harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kujuga senang ketemu kak Citra. Wkwkwwk kenapa harus baper lihat harganya kak? Lokasi strategis, pemandangan sempurna karya alam, ya wajarlah harganya segitu. Everyday like holiday.

      Delete
  6. Ini hunian impian saya banget. Di tepi pantai, dikelilingi hutan, jauh dari kebisingan kota. Naksir sama apartemennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. True. Ku juga demen apartemennya. Tipe studio paling pas buatku.

      Delete
  7. Gak sia-sia ya kak, jauh2 dr seberang datang. Dpt acara seru dan silaturhmi sama semua peserta plus info detail ttg Nuvasa bay. Kapan kt piknik bareng crucils di sini?

    ReplyDelete
  8. Asik dan seru banget acaranya ya kak, keren banget nih Sinar Mas Land membangun Nuvasa Bay yang membuat Batam bakalan semakin menjadi kota maju di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget Asad. Sinar Mas Land memang klo buat project nggak pernah failed. Pertimbangan selalu matang dan suatu pilihan tepat, mereka membangun Nuvasa Bay di Teluk Nongsa. Kota masa depan idaman.

      Delete
  9. acara seru,d apat ilmu baru, teman baru. dapat wawasan baru.

    ReplyDelete
  10. Wah keren Sinar Mas Land. Proyek Nuvasa Bay nya megah banget nih, bakalan membuat Batam semakin menjadi kota maju nih

    ReplyDelete
  11. Jadi kek mana wei babang koreyah itu?!. Jadi engko bungkus kak?!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekmana mau bungkus. Bukan oppa Koreyah ternyata. lol

      Delete
  12. Beli atu chay..bair ada perwakilan blogger kepri yang punya rumah keren. biar lebih dekat ama babang perkasa itu. hahaha

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates