Snorkeling di Adventure Cove Waterpark Singapura

Singapura, RWS, Snorkeling,
SNORKELING di Adventure Cove Waterpark Singapura. Eh sebentar, memang ada spot snorkeling di Singapura? Melihat ikan-ikan di dasar laut begitu? Ada. Apa sih yang tidak ada di negara ini. Segala sesuatu yang tidak mungkin tersedia, disediakan, dibuat mungkin.  Sudah lihat Jewel kan? Hutan tropis dalam bandara. Tak ada hutan tropis di Singapura, hutan man made pun jadi pilihan. Nah begitu juga dengan area snorkelingnya. Adalah Adventure Cove Waterpark di Resorts World Sentosa (RWS) tempatnya. Tentu buatan manusia juga.
Singapura, catatan traveler,
Briefing. Sudah tahu, jadi mending pilih difoto saja. Eh tapi briefingnya saya denger kok. haha
Namun, jangan underestimated dulu. Meski pun buatan, tetap saja, keindahan bawah airnya nyata. Ikan-ikannya hidup guys, bukan ikan-ikan pancingan di kolam anak bayi itu lho.
---- 
Saya menyibak selimut, duduk menenangkan diri sebentar sembari mengucap syukur atas berkat melimpah, diberi nafas kehidupan untuk menikmati hari baru. Turun dari kasur, menyibak gordyn dan terpampanglah nyata, bahwa mendung dan gerimis mewarnai Singapura pagi itu.

Saya kembali ke tempat tidur, meraih ponsel dari jangkauan, dan kembali leyeh-leyeh. Cuaca pukul 06.30 itu membuat malas. Suasana kamar dan daya tarik kasur Hard Rock Hotel Sentosa itu hampir memperdayaku.

Tiba-tiba, WA masuk dari mbak Tatha. "Nggak pada turun mau sarapankah?" tanyanya. Yuklah sarapan dulu. Saya pun turun.

Saya mengunjungi Adventure Cove Waterpark ini, tentu saja setelah usai sarapan pagi. Saya tertarik mengunjunginya, karena ada Rainbow Reef, kolam air asin berisi karang dengan ribuan ikan kecil warna-warni. Untuk melihat langsung isinya, kita harus berenang mengeliling kolam kaca ini.

"Apakah kamu sudah pernah snorkeling sebelumnya?" tanya petugas Rainbow Reef sambil menyerahkan google dan safety jaket kepadaku. "Sudah bang," jawabku. Saya pun menawarkan bisa nggak tanpa pakai safety life jacket. Namun akang-akang petugasnya yang ganteng mirip oppa Korea itu nggak memperbolehkan. Wajib pakai. Ya sudah deh, memang kita wajib harus mengikuti tata aturan yang berlaku kan?

singapura, catatan traveler, snorkeling,

Pagi itu, pengunjung belum terlalu banyak. Saya hanya bertiga bersama dua pengunjung lainnya. Petugas pun memberikan briefing singkat. Kami hanya diperbolehkan mengambang, tidak boleh menyelam, karena takut mengganggu biota ikan di dalamnya. Kata doi, kalau menyelam, akan membuat air jadi keruh dan mengganggu aktivitas pengunjung yang tengah asyik menikmati ikan warna-warni itu.
Usai snorkeling, senyum merekah terpancar. Rasa kangen ama keindahan Pulau Abang terobati. hahaha
Saya jadi merasakan, inilah bedanya snorkeling di laut dengan di kolam buatan. Kalau di laut kita bebas menyelam, bercengkerama dengan biota laut, menyapa mereka (bisa dibaca di sini: Bercengkerama dengan Nemo di Pulau Abang) tapi di Rainbow Reef di Adventure Cove Waterpark nggak diperbolehkan.

Dua kali saya mengelilingi kolam snorkeling tersebut. Tadinya mau tiga kali, cuma karena ingat yang dilihat itu-itu saja, saya memutuskan untuk berhenti. hahaha. Tapi ya, snorkeling di kolam ini, saya kira lebih cocok untuk anak-anak sebagai latihan awal untuk snorkeling sebenarnya di laut. Mengapa? Karena di sini sangat safety, dijaga petugas kolam yang selalu berkeliling, dan tentu saja tak perlu khawatir ada hiu, ubur-ubur beracun, atau hewan-hewan laut berbahaya lainnya.

Usai snorkeling, menyerahkan perlengkapan google dan safety jaket ke petugas, saya pun melanjutkan bermain air di kolam arus. Mengambil ban raksasa, duduk di atasnya, lalu petualangan pun dimulai. Melewati kolam ombak, menghindari curahan air terjun dari gua, melewati kanal batu yang gelap dan gua warna-warni yang dihiasi lampu, hingga menyapa ikan pari manta raksasa saat melewati tiga akuarium.

Rainbow Reef dari luar
Isiannya Rainbow Reef. Kaya laut beneran kan.

Di kanal ini, saya sempat menabrak satu keluarga Jepang, dan juga terjatuh di kolam ombak. Tapi ini menjadi salah satu bagian serunya, kenapa? Karena kita bisa jadi kenalan dengan orang-orang di dalamnya. Sekedar say hai, atau bisa jadi teman ngobrol saat menyusuri kanal dengan ban raksasa. Seru sik.

Berpetualang di Adventure Cove Waterpark di RWS Singapura ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Pasalnya, di sini, masing-masing rescue team ada di semua titik lokasi permainan air.


Oh ya, bagi rekan traveler yang suka menikmati wahana permainan air juga snorkeling melihat biota laut di kolam raksasa, bisa mengunjungi RWS Singapura. Tiket masuk ke sini, 36 dollar Singapura untuk dewasa, dan 26 dollar Singapura untuk anak-anak.

Penting untuk diketahui juga, bagi pengunjung yang ingin bermain air, dilarang mengenakan underwear, jaket, atau pun jeans serta pakaian berkancing. Disarankan pakai pakaian renang yang nyaman. Dan khusus perempuan, kalau lagi halangan, tidak disarankan bermain air ya. Nanti air kolamnya berubah. hehehe

Makin siang, pengunjung makin ramai. Saya pun memutuskan untuk mencoba perosotan menggunakan travelator. Tiba di atas, kembali saya urungkan karena antriannya sudah mengular dan memutuskan untuk selesai. Lagian, hari pun sudah menunjukkan pukul 12.07. Saya memutuskan mandi, lalu lanjut makan siang dengan menu burger dan kentang di The Bay Restaurant, yang masih satu lokasi dengan Adventure Cove Waterpark. (***)


PS: Lokasi Adventure Cove Waterpark ini berada di
8 Sentosa Gateway, Singapura. Bersebelahan dengan SEA Marine Aquarium.

8 comments :

  1. Iya, negara kecil yang satu ini emang suka bikin takjub. Segala yang ga ada bs jadi ada. Hehehe.

    Btw, aku udh lama pengen snorkeling, tapi minder krn ga bisa berenang hehehe.

    ReplyDelete
  2. Harganya agak mahal ya. Tapi worth it lh kalau banyak wahana yg bisa dicoba.

    ReplyDelete
  3. Kece banget kak tempatnya. Ijo2 seger, bisa jadi alternatif liburan nih...

    ReplyDelete
  4. Kalau namanya wisata bawah laut emaing ngak ada duanya, bagi yang suka dunia bawah laut mungkin ini bisa jadi acuan liburan kedepannya

    ReplyDelete
  5. Ahaha ... gue pertama kali snorkeling di dekat Labuhan Bajo. Dan pas itu belum bisa berenang. Mana arusnya deras pula, lha di Manta Point. Coba dulu pertama kali di Adventure Cove, mungkin gue nggak akan tertantang untuk belajar berenang sampai sekarang.

    ReplyDelete
  6. Kalau di hotel RWSnya harga menginapnya berapa ya Chay? Jadi pengen ngajak Chila ke sini. Ada paket yang sekaligus hotel plus Adventure Covenya nggak?

    ReplyDelete
  7. itulah tdi bingung klw di singapore mau snorkeling d mana.,, oww ternyata kolam buatan gtu ya ..hehe..
    boleh di coba nnti nih.. penasaran jg gmna sensasinya :D

    ReplyDelete
  8. belum pernah ke singapura.. liat ini keren,, jadi pengen banget bisa kesana

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates