Empat Trik Praktis Memotret Pakai Kamera Ponsel

triks, OPPO Reno
ANAK-anak para penjual ikan di Siem Reap,Kamboja. Foto ini menggunakan kamera ponsel. Memotret outdoor menggunakan kamera ponsel itu, hasilnya selalu oke banget sik.
FOTOGRAFI menggunakan kamera ponsel, dalam perkembangan teknologi zaman sekarang memang dianggap lebih praktis daripada menggunakan kamera DSLR. Selain karena ukurannya yang lebih simpel dan ringan, juga hasil foto yang didapatkan sudah tak kalah dari hasil dari kamera profesional. Memotret kini bisa menjadi hobi siapa saja. Asal dia punya ponsel yang mendukung dan mumpuni tentunya.

Namun, meski begitu, untuk menghasilkan hasil memotret yang maksimal, meski tak telalu rumit, menggunakan ponsel tentunya harus lebih tricky.So, how to take a photography with cellular phone kamera?
 
Jadi begini,based on my experience, memotret pakai kamera ponsel sebenarnya tak beda jauh dengan memotret pakai kamera DSLR atau kamera profesional sejenis. Hanya saja, kamu butuh memahami fungsi berbagai fitur yang tersedia di dalamnya.
Trik, Oppo Reno,
MEMOTRET Landscape Angkor Wat saat kondisi cuaca mendung. Bagi pengguna ponsel pintar yang fitur-fitur kameranya bisa diatur, manual atau automatic.
 
Khusus kamera ponsel neh, memotret dengan alat ini mudah. Cukup mengandalkan fitur-fitur yang sudah otomatis tersedia, menyesuaikan dengan pencahayaan, siang atau malam, mengubah fitur warna, dan sebagainya.

Ya udah, berikut trik praktis memotret pakai kamera ponsel deh:
  • Pencahayaan
Ketika menggunakan kamera ponsel, pastikan objek foto mendapat cahaya yang cukup. Biasanya, hasil foto kamera ponsel akan lebih bagus pada outdoor. Namun, apabila memotret objek dengan kondisi rendah cahaya, gunakan fitur Ultra Night Mode 2.0 seperti yang ada pada OPPO Reno. 

Trik, Oppo Reno,
FOTO menu di ruangan tertutup dengan pencahayaan kurang. Untuk menghasilkan gambar seperti ini, gunakan Ultra Night Mode. Atur posisi otomatis, dan taraaaaa hasil jepretan menunya jadi oke kan?

Fitur ini mampu meningkatkan kejernihan serta kecerahan foto. Multi frame noise dan HDR multi frame pada OPPO Reno mampu mengurangi noise yang muncul.  

  • Pegang Ponsel dengan Stabil
Trik, Oppo Reno,
PEGANG ponsel dengan stabil
Agar hasil foto tajam, usahakan memegang ponsel dengan stabil. Ini bertujuan mengurangi goncangan ketika sedang take shoot object. Trik lain agar foto bebas dari goncangan adalah dengan menahan nafas ketika menjepret foto, ini agar tidak mengganggu fokus kamera ponsel. Untuk itu, keberadaan OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera ponsel pintar ini bisa jadi salah satu fitur unggulan.

  • Gunakan Efek Filter yang Tepat
Trik, Oppo Reno,

Foto yang telah diedit memang akan terlihat menarik, tapi tak ada salahnya menggunakan sedikit efek atau filter pada foto kita kok. Asal jangan terlalu berlebihan, sewajarnya saja, agar foto terlihat lebih menarik dan tidak kehilangan esensi naturalnya.
  • Gunakan Handphone yang Beresolusi Tinggi
Agar foto yang dihasilkan terlihat lebih memukau, gunakan ponsel dengan kamera yang beresolusi tinggi. OPPO Reno memiliki kamera utama ganda yang terdiri dari lensa utama beresolusi 48 MP dengan aperture f/1.79 dan sensor Sony IMX586 serta kamera sekunder sebagai kamera depth sensor beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.4. Kamera kedua ini bisa kita gunakan saat ingin mengambil foto bokeh (background blur).
Trik, Oppo Reno,
OPPO Reno
Selain itu, OPPO Reno juga menggunakan kamera terangkat atau tersembunyi yang muncul di bagian atas (Pivot Rising Camera) yang bentuknya mirip seperti sirip ikan hiu. Pada Pivot Rising Camera bagian depan terdapat kamera depan, soft light dan speaker. Sedangkan bagian belakangnya terdapat flash light.

Selain kamera yang canggih untuk mendukung fotografi ponsel, beberapa fitur lain pada ponsel juga  diperlukan untuk menghasilkan foto yang memukau. Misalnya saja prosesor serta RAM yang lega, sehingga ponsel mampu memproses kinerja komputasi dengan lebih cepat. Sehingga pergantian antar aplikasi bisa berjalan dengan mulus dan tidak mengganggu ketika kita memotret.

OPPO Reno diotaki oleh prosesor Snapdragon 710 dan didukung oleh RAM 6GB dengan basis Android Pie 9.0. Kombinasi antara prosesor snapdragon 710 dengan User Interface terbaru ColorOS 6.0 membuat kinerja handphone lebih optimal tapi tetap irit daya. Jadi, walau bisa bekerja dengan cepat dan tangguh, OPPO Reno tetap irit baterai. Foto-foto pakai ponsel pun bisa jalan terus. Apalagi baterainya berkapasitas besar 3.765mAh dan didukung fitur pengisian daya cepat dari VOOC 3.0. 80 menit saja baterai kita yang tadinya kosong bisa terisi penuh 100 persen.

Nah, itu dia empat trik mudah memotret dengan kamera ponsel yang bisa kamu coba kapan saja. Baik saat traveling, nongkrong sama teman, kala senggang, pokoknya bisa dicoba kapan saja deh.  Pokoknya jangan ragu untuk mencoba memotret dengan kamera ponsel, apalagi kalau ponselmu OPPO Reno, dijamin hasilnya bisa lebih memukau dan ciamik. Karena sesuai namanya, dengan Reno kamu bisa melihat dunia dari sudut pandang yang baru !!! ***

4 comments :

  1. Terima kasih atas ilmunya. Pas sekali buat saya yang mengandalkan fotografi dengan ponsel.. Kamera ada tapi ribet trus lama-lama tak dipakai. Akhirnya rusak deh..

    ReplyDelete
  2. Berguna bgt tipsnya apalagi buat pemula kayak aku.. Oppo reno bikin mupeng dah..

    ReplyDelete
  3. Waktu lihat foto anak-anak para penjual ikan di Siem Reap,Kamboja, dan belum baca tulisannya, kirain itu di salah satu sungai di Jakarta. Hehehehe.... Ah memang kita dan Kamboja hampir sama kondisinya (kalau difoto). Pengin sih ganti Oppo ya, biar ngerasi HP lain selain Sony...Hihihi moga bisa beli Oppo Reno ya....

    ReplyDelete
  4. Kamera ponsel makin lama makin canggih ya, bisa disetting sesuai sikon karena terdiri dari banyak fitur. Kayak Oppo Reno ini, lama-lama dikantongi juga nih.

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates