Saat Traveling Kamu Tim Cash atau Tim Kredit?

catatan traveler, kredivo, traveling
ILUSTRASI by Kredivo
LIBURAN asyik itu, kamu tim cash atau tim kredit? tak bisa dipungkiri, kegiatan traveling saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Tak terkecuali di Indonesia. Sejak 10 tahun belakangan, banyak warga Indonesia, khususnya kawula muda menjadikan traveling sebagai hobi.

Fenomena kemajuan internet yang membuat how connected we globally menjadi salah satu pemicunya. Banyaknya foto-foto objek wisata di internet, ditambah makin mudahnya mengakses sendiri pembelian tiket pesawat, pemesanan penginapan, hingga akses ke lokasi tujuan wisata membuat orang semakin banyak berbondong-bondong ingin melakukan perjalanan.

Catatan traveler sendiri, mulai traveling sejak 2009 lalu. Malaysia, menjadi negara pertama tempat saya menginjakkan kaki. Kemudian, Singapura. Dan dua negara ini, di perjumpaan sekarang menjadi negara yang kerap saya singgahi. More often.

Traveling. Untuk kegiatan ini, saya menjadikannya sebagai sebuah agenda tahunan. Saya punya manajemen khusus untuk pembiayaan traveling ini. Pendapatan bulanan, saya bagi ke tiga kelompok: tabungan, pengeluaran, dan asuransi. Tabungan dan asuransi sudah punya hitungannya sendiri tiap bulan. Nah, pengeluaran juga demikian. Itu saya gunakan untuk bayar uang kos, arisan, belanja pangan, dan kebutuhan transportasi dan komunikasi. Kalau ada sisa dari dana pengeluaran ini, nah itulah yang saya tabung kembali. Saya kumpulkan, dan kelak menjadi biaya perjalanan.

Apa dana pengeluaran itu selalu sisa? Enggak juga. Kadang defisit. Defisit, kala saya tak sengaja membeli sesuatu tanpa direncanakan. Misalnya, tas, jam tangan, atau apalah-apalah. Saya akhirnya tahu formula untuk mengatasi itu sekarang. Ketika saya mendadak tertarik akan barang, misalnya tas, saya kembali bertanya ke diri sendiri: "Fungsinya buat apa? Kan masih punya yang lain di rumah. Sayang lho menumpuk, jadinya jarang pake. Padahal biaya yang dikeluarkan berapa? mending pakai untuk traveling saja deh". Nah ini manjur banget bagiku untuk batal membelinya. Ya biasanya sik, saya langsung meninggalkan toko itu dan so pasti dipelototin penjualnya. Xixi

Kalau saya berhasil menekan pengeluaran belanja tak terduga itu, yakinlah. Dana pengeluaranku pasti sisa. Sisanya itu, ditabung selama satu tahun, lumayan bisa menghidupi dua minggu perjalanan ke salah satu negara di Asia Tenggara deh.

Nah, kembali ke pertanyaan. Kalau traveling, kamu tim cash atau tim kredit? Saya pilih tim cash. Tapi ada kalanya saya jadi tim kredit juga kala membeli tiket pesawat atau memesan hotel menggunakan kartu kredit. Tapi itu biasanya cepat-cepat saya bayar untuk menghindari bunga.

Perubahan traveling dulu sebagai aktivitas luxury nan mewah, kini berubah menjadi aktivitas yang semua orang bisa lakukan kapan saja. Punya dana minim pun bisa dilakukan. Lha kok? Lha iya, sekarang ini kan bank sangat memudahkan pengurusan kartu kredit. Bahkan makin banyaknya muncul layanan kredit digital yang bisa memberikan pinjaman online cepat cair, seperti kredivo. Tinggal ngajuin jumlah kredit yang dibutuhkan sesuai biaya perjalanan, cair deh. Banyaknya kemudahan seperti ini sekarang, sehingga memunculkan tagline di kalangan anak muda pegiat traveling Liburan Dulu Baru Bayar Kemudian.

Dihubungkan dengan kondisi sekarang, dimana harga tiket penerbangan domestik kenaikannya 'tak manusiawi' sekali, layanan kredit digital ini menjadi sangat memudahkan. Bisa menjadi solusi agar tetap bisa traveling, liburan, bahkan mudik.

Kemudian muncul pertanyaan baru, apakah perlu liburan dengan mengandalkan utang? Menurut beberapa riset bahwa liburan dan refreshing sangat berkaitan erat dengan risiko kematian. Malahan ada riset yang membuktikanmengunjungi pantai bisa membuat lebih bahagia. Melihat manfaat tersebut boleh jadi berutang untuk liburan bukan lagi jadi soal asalkan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Khusus layanan kredivo sendiri, untuk kredit, mereka memberikan pilihan tenor cicilan untuk pembelian tiket pesawat mulai dari 3,6 dan 12 bulan dengan bunga 2,95 persen per bulan. Malahan untuk pembayaran dalam waktu 30 hari tidak dibebankan bunga sama sekali. Sangat memudahkan.

Sekadar informasi, Kredivo memang berfungsi untuk memberikan kemudahan dalam belanja online sebagai pengganti pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Lebih dari itu, Kredivo juga bisa digunakan untuk membeli tiket pesawat secara online dengan metode pembayaran dicicil tanpa kartu kredit.

Oh ya, jika butuh dana tunai untuk yang jajan, kamu pun bisa mengandalkan Kredivo. Selama kredit limit di Kredivo masih ada, kamu tetap bisa ajukan pinjaman online, cepat dan praktis tanpa proses yang bertele-tele.

Ada dua fitur pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo. Pertama yaitu pinjaman mini. Untuk pinjaman mini dana tunai yang bisa diajukan mulia dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Pembayarannya untuk 30 hari saja. Bunga yang dibebankan tetap sama hanya 2,95 persen dengan tambahan biaya administrasi sebesar 6 persen di muka dipotong dari dana yang dicairkan.

Sementara fitur pinjaman kedua adalah pinjaman jumbo dengan nominal mulai dari Rp1 juta. Perbedaannya terletak pada tenor cicilan. Pembayaran pinjaman jumbo bisa dalam waktu 3 bulan atau dalam waktu 6 bulan. Bunga cicilan dan biaya administrasi tidak jauh berbeda kok dengan pinjaman mini.

Dengan kedua fitur tersebut sah-sah saja digunakan untuk uang jajan selama liburan. Agar pembayaran tidak jadi beban setelah liburan, hitung lagi kebutuhan kamu untuk liburan, jangan sampai over budget.

Idealnya utang yang kamu angsur tidak lebih dari sepertiga penghasilan setiap bulan. Jadi, kalkulasikan dulu berapa biaya yang kamu butuhkan untuk tiket pesawat dan berapa dana tunai yang kamu perlukan untuk uang jajan. Dengan begitu, usai liburan kamu benar-benar tetap bisa mengatur keuangan bulanan dengan baik.

Syarat untuk menjadi member Kredivo juga mudah kok. Minimal sudah berusia 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan dan tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Setelah itu tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store maupun di App Store dengan mudah. Langkah-langkah pendaftarannya pun bisa diikuti dengan mudah. Siapkan saja seperti
• KTP
• Akun e-commerce dengan riwayat transaksi sebagai bukti alamat
• Akun internet banking sebagai bukti penghasilan

Semua data tersebut tinggal kamu foto saja lewat ponsel kamu dan submit lewat aplikasi Kredivo. Alternatif lain jika ingin lebih cepat bisa memilih akun premium express.

Syaratnya punya akun digital yang sudah pernah digunakan untuk bertransaksi dan satu akun internet banking. Proses persetujuan biasanya kurang dari 24 jam. Setelah itu tinggal cek saja kredit limit yang diberikan lewat dashboard di aplikasi Kredivo kamu.

Setelah disetujui, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman online cepat cair serta pembelian tiket pesawat dengan cara dicicil tanpa kartu kredit. Makin menarik bukan? Unduh sekarang aplikasi Kredivo untuk mengunjungi destinasi impian kamu.
 

 TIPS ala Catatan Traveler

Liburan atau traveling itu, perlu ada perhitungan dan pertimbangan.
Rencanakan liburan dengan perencanaan keuangan yang matang. Kalau liburan dirasa perlu untuk refreshing, charging semangat untuk lebih baik lagi tapi biaya kurang mencukupi, bisa ajukan kredit. Dengan syarat, seusai liburan, mampu membayar atau mencicilnya. Tapi kalau hanya traveling untuk senang-senang, sirik sama orang lain, lalu jadinya ngutang, masuk tim kredit trus nggak sanggup bayar. Ya jangan. Bijaklah !!! ***

12 comments :

  1. Aku siap dua duanya mas hehehehe

    ReplyDelete
  2. Alfie sih tim cash kak. Kalau pun tim kredit, pinjamnya sama teman traveling bareng. Hahaha

    Kalau ada pinjaman online cepat cair seperti Kredivo yang terlihat mudah, rasanya mau deh jadi tim kredit saat traveling.

    ReplyDelete
  3. Saya pakai kartu kredit buat bayar pesawat dan hotel, tapi langsung dibayar di bulan berikutnya. Jadi nggak mau hutang lama-lama. Kalau pas jalannya sih, sejauh ini masih mengandalkan cash.

    ReplyDelete
  4. Waw Kredivo bisa buat traveling juga ya. Sebenarnya aku team cash. Udah nabung dari jauh hari.

    ReplyDelete
  5. Yup, travelinglah karena kamu memang membutuhkannya, bukan karena ingin menunjukkan pada orang lain kalau diri kita itu hebat.

    Banyak anak muda yang sekarang terjebak dalam "hutang traveling" hanya untuk menyenangkan hati orang lain. Mereka secara tidak langsung sudah dikendalikan oleh keinginan untuk memuaskan orang lain. Padahal traveling kan untuk memuaskan diri sendiri.

    Kalau saya sih tim cash. Buat yang tim kredit, hati2 ya dalam menggunakannya. Jangan sampai gagal bayar

    ReplyDelete
  6. Aku dua-duanya sih. Kredit untuk booking2, tapi langsung bayar. Jarang mencicil walaupun 0%. Cash untuk belanja di tempat wisata. Apalagi kalau jalan ke daerah yang engga ada alat EDC, engga bisa kredit maupun debit.
    Mau ah kepoin Kredivo. Menarik juga, kredit untuk travelling...

    ReplyDelete
  7. Saya juga tim cash. Tim online kalau dirasa perlu beli tiket tau akomodasi kekinian.

    Dengan bawa cash saya sebagai istri sekaligus ibu bisa memanage pengeluaran saat bepergian. Beda lagi kalau bawa kartu kan ya. Bisa gak terkontrol hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya tim cash aja, semoga konsisten nabung jadi bisa jalan-jalan ke tempat impian. Saya baru sekali sih traveling, dan bareng teman-teman dan suami juga. Asik deh pengalaman ke Malaysia meski belum semua tempat saya jelajahi

    ReplyDelete
  9. Aku tim cash. Tapi kalo beli tiket pesawat dan booking hotel biasanya pake kartu kredit. Tapi begitu tagihan kartu kredit keluar, langsung aku lunasin, nggak bayar minimalnya, jadi tetep nggak ada bunga.
    Kredivo nih bisa jadi solusi buat temen-temen yang nggak ada kartu kredit. Asal punya perencanaan jelas, pake kredit sih nggak masalah. Yang penting bisa bayar. Liburan pun tenang.

    ReplyDelete
  10. Aku sih Tim cash Chay. Tapi biasanya Credit Card aku bawa juga takut kenapa-kenapa. Apalagi sedang jauh ke LN. Walaupun sudah terjamin semuanya, mana tahu ada kemalangan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  11. Biasanya saya tim cash. Tetapi, bawa secukupnya aja. Bawa juga jartu kredit buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  12. Aku tim cash... belum pernah nyoba traveling credit, tapi traveling yang dekat dekat aja sih hihihi

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates