Makan di Restoran Cepat Saji Tertua di Jakarta

Paket Hoka Suka Eby Furai di HokBen jadi menu kesukaan. Duuh kangen makan ini lagi.
TIGA bulan saya hidup di Jakarta. Selama sekitar 90 hari itu juga, saya berkenalan dengan aneka jenis kuliner baru yang tak kutemui di Batam. Ada beberapa tempat makan yang saya kunjungi berulang-ulang hanya untuk menikmati satu menunya. Ada juga hanya sekali mengunjungi tempat makan itu, lalu tak pernah kembali lagi.

Selain rasa, penyajian dan kebersihan menjadi kriteria yang saya pertimbangkan kala menikmati makanan dan minuman. Tak peduli di warung tenda, pusat jajanan kaki lima, di pusat pasar, di restoran berkelas, atau di restoran hotel, kriteria itu selalu saya pegang teguh.

Ada satu restoran yang sering saya kunjungi kala berada di Ibu Kota Negara ini, yakni Hoka-Hoka Bento atau yang kini dikenal dengan Hokben Restaurant. Ini menjadi restoran cepat saji tertua di Jakarta. Restoran ini ada pertama kali, saya belum lahir sik.
Hokben di PIM 1
Penyajian makanan di HokBen ini, membuatku bernostalgia ke musim gugur 2015 lalu di Osaka, Jepang. Dua hari di sana, saya selalu menikmati makan siang ala bento. Sangat mudah mendapatkan makanan ini di sana, baik di Shin-Imamiya, atau juga di Umeda-Shi.

Kalau di Osaka, beli bentonya di warung pinggir jalan, lantas makan di taman, bersama para pekerja kantoran yang juga menikmati makan siangnya, nah kalau di Jakarta, saya membelinya di restoran Hokben langsung atau pesan lewat aplikasi.

Pertemuan pertamaku dengan Hokben ini ketika cuci mata di Pondok Indah Mall (PIM 1). Niatnya sih mau beli Water Bank Mineral untuk semprot muka dari salah satu merek kosmetik hits dari Korea Selatan. Karena memang adanya cuma di mall itu. Mengisi waktu menghindari rush hour, keliling-keliling dong di mall itu, lihat-lihat diskon di H&M, bandingin harga sepatu di Docmart, lalu turun ke Metro. Eh kok lapar? naik ke lantai atas, dari sebelah kiri eskalator, terpampanglah nyata Hokben. Ya sudah deh, makan dimari aja.
 
Antri, mengikuti orang-orang yang antri, lihat daftar yang terpampang, mataku tertuju pada menu baru dari resto cepat saji khas Jepang itu. Ada tiga menu paket pilihan yang disajikan, yakni:
  •   Hoka Suka 1
Menu ini terdiri dari tiga tusuk Yakitori Grilled yang disajikan lengkap dengan nasi, sambel kentang kering, acar kuning, serta sambal Indonesia.
  • Hoka Suka 2
Memadukan empat menu udang Ebi Furai yang dilengkapi nasi dengan kentang kering,acar kuning, serta sambal Indonesia.
  • Hoka Suka 3
Menu ini mengombinasikan seporsi Chicken Katsu yang didampingi nasidengan kentang kering, acar kuning, serta sambal Indonesia.
Paket Hoka Suka Chicken Katsu.Enak juga
Karena lagi pengen makan udang, saya pun memesan paket Hoka Suka 2. Kirain sambelnya cuma satu pilihan. Eh si staf menanyakan "Sambalnya mau pilih apa bu? ada tiga pilihan yakni sambal matah dari Bali, sambal bawang dari Jawa, dan sambal hijau dari Padang," ujarnya.
Aneka pilihan sambal khas Indonesia di HokBen. Untuk menu lain selain Hoka Suka, sambal ini bisa dibeli seharga Rp 5 ribu per bungkus. Seuprit sik ya.

Kaget dong. Ha? menu Jepang tapi kok ada sambal Indonesia? Bayar biaya tambahan lagi untuk sambal?- si staf jawab, itu sudah termasuk ke paket Hoka Suka.

Jadi ternyata, paket Hoka Suka ini adalah paket terbaru Hokben yang menyajikan menu bento dengan menyatukan aneka kondimen khas Indonesia, seperti sambal, kentang kering, dan acar kuning. Cocok di lidah? Setelah saya nikmatin sendiri, ternyata makanan Jepang cocok dengan kondimen Indonesia sik. Enak.
Paket Hoka Suka Yakitori. Sate ayam sik yak.
Emang dasar Bento itu kering yah. Supaya agak berkuah dikit, saya pun memesan juga shrimp dumpling soup seharga Rp 17.273. Suka sama dumplingnya.

Pulang dengan hati kenyang. Lalu dalam hati, bakal kembali lagi deh untuk coba menu lainnya. Sekejap itu saya jatuh cinta ama Hokben.

Benar saja, minggu berikutnya, kelaparan usai meliput sidang terorisme dengan terdakwa mantan pejabat di Batam, yang diadakan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, lantas mencari lokasi makan terdekat dengan bantuan aplikasi Zomato, terpilihlah Mall Taman Anggrek, pusat perbelanjaan terdekat. Di aplikasi itu, hal yang terlihat pertama adalah Hokben.

Kelaperan, ya sudah!!! jadilah saya memilih kembali ke Hokben. Di sana, saking kelaperannya, dan mata sudah berkunang-kunang, saat staf resto menyebutkan ada paket baru, yakni tiga paket Hoka Suka, terang saja, memotong penjelasannya mengenai paket baru tersebut, saya langsung pesan Paket Hoka Suka 3 yang ada chicken katsunya. Si staf pun berhenti, mengambil menu paket, lantas memberikannya kepadaku.

Tak butuh berapa lama, setelah saya memilih tempat duduk, lantas kaya tyrex dilepas, sekejap saja itu menu ludes saya makan. Apa karena lapar, atau karena memang menunya enak banget, entahlah tapi yang jelas kala malas keluar mess sehabis pulang kantor, saya memesan menu itu lewat aplikasi kembali dan rasanya selalu sukses membuatku doyan lagi. hahaha _Rakus_

*33 Tahun Hokben di Indonesia
Tahukah kamu guys, Hokben ini dulunya dikenal dengan Hoka Hoka Bento. Meski restorannya bergaya Jepang, tapiiiiiiii restoran ini mutlak milik warga Indonesia. Nggak ada darah Jepang sama sekali. Dan tahukah kamu? usianya lebih tua dari umurku juga. Sudah 33 tahun ini restoran hadir di Indonesia, tepatnya di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah PT Eka Bogainti.

Saat ini, restoran ini sudah memiliki 145 gerai yang tersebar di Jawa dan Bali saja. Layanan HokBen terdiri dari makan di tempat (Dine-in), pesanan dibawa pulang (Take Away), HokBen Delivery melalui 1 500 505 atau melalui pesan online di www.hokben.co.id, dan HokBenApps yang tersedia di Google Playstore & Apple Store, pesanan melalui kendaraan lewat (Drive Thru), acara ulang tahun (Birthday Party), serta pesanan dalam jumlah besar (Large Order).

Kepala Komunikasi Marketing Grup Hokben, mba Francisca Lucky pernah bilang ke saya, HokBen sebagai pelopor makanan bergaya Jepang di Indonesia terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan berkualitas bagi para pelanggan setianya. “Tingginya minat masyarakat Indonesia yang gemar akan makanan pedas,mendorong HokBen untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan tiga pilihan Sambal Indonesia. Terbuat dari bahan baku berkualitas dan bumbu pilihan Hoka Suka ini merupakan perpaduan apik antara cita rasa khas Jepang dan Indonesia," ujarnya.
Paket HokBen klo dipesan via aplikasi online. Bagus ya kemasannya.
Mengenai harga, Hokben ini standard kok untuk ukuran makanan cepat saji, mulai Rp 15 ribu- sampai 58 ribuan sudah termasuk pajak. Oh ya jadi ingat, dulu bang Ahmadi, rekan kerja saya menitipkan kartu e-Flazz dan voucer Hokben senilai Rp 100 ribu, lalu itu voucer kemana???? sumpah lupa pakai selama di sana. hiks.. Padahal udah bisa dapat dua porsi menu HokBen. bye!!!

14 comments :

  1. wah sedapnye Bento. rasanya pasti enak nih kak jadi penasaran, terus harganya juga terjangkau ya, catet nih ah next kalo ke ibukotah kudu mampir sini hehe

    ReplyDelete
  2. Menggoda banget ..jadi pengen coba makan disana nih

    ReplyDelete
  3. aku suka juga hoka-hoka b ento, dulu sering makan disana, sekarang piringnya udah yang sekali pakai ya, dulu pake nampan berlubang dari bahan melamin gitu, semakin banyak yang pakai begini, nggak bagus buat lingkungan

    ReplyDelete
  4. BENTO!
    Kalau udah bingung mau makan apah pasti pilihan jatuh ke sini deh, kangen Jakarta huaaaa :(

    ReplyDelete
  5. wah enak kak. harganya juga menurut aku murah.selamat bernostalgia kak caya

    ReplyDelete
  6. asyik ya bisa puaskan selera dgn berbagai makanan di jakarta
    tapi jangan kebablasan ya chay..ingat timbangan hehehe

    ReplyDelete
  7. Udah lama banget kenal Hoka-Hoka Bento tapi cuma kenal lewat iklan di TV dan belum pernah mencobanya. Hihihi... Penasaran banget sama rasanya.

    ReplyDelete
  8. Saya dapat banyak voucher dan voucher diskon Hokben saat di Jakarta. tapi beberapa kali coba rasanya gak cocok lidahku. Jadi gak aku habisin. Malah ada voucher diskon kebawa pulang ke Batam :)

    ReplyDelete
  9. Udah lama nggak ke HokBen. Entahlah sudah lupa rasa makanan di sana seperti apa haha.

    ReplyDelete
  10. wah keren nih hokben
    jadi inget pengalaman masa muda
    ajak gebetan
    lalu tembak
    dan jadian deh

    aw aw aw

    ReplyDelete
  11. Favorit nih. Kalo lagi ngemall di Surabaya, biasanya kalo laper pilihan jatuh ke HokBen. Di deket rumah mamaku pun ada outletnya. Jadi sering gofood. Sayang di Batam belum ada ya..

    ReplyDelete
  12. Wah.. aku baru tahu Ada makanan cepat saji di sana... Nanti kalau kesana lagi. Aku mesti coba deh

    ReplyDelete
  13. Walau makanan cepat saji tapi lengkap dengan sambal tradisional Indonesianya ya... Penemuan tempat makan yang ciamik Chay... apalagi ada embel-embel tertua di Jakarta, wah jadi pengin ngerasa juga kalau nanti ke sana.. Pengin coba yang udang crispy itu kayaknya kok mantab kali ya....

    ReplyDelete
  14. Udh coba menu baru nya hokben ini, dan jujur aja, aku ttp lbh suka menu2 lama mereka :D. Agak ga sesuai lidahku sih utk yg baru, apalagi sambelnya..

    Tapi kalo menu2 lamanya, kyk salad wortel, yakinikubya, teriyakinya, ato yang digoreng2 lain, itu aku slalu sukaaaaaak :p. Mana wanginya menyebar kemana2.. Jd kalo ke hokben ttp lbh milih menu lama :D

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates