Latest Posts

Tips Hindari Penipuan Belanja Online Saat Harbolnas

By Tuesday, October 24, 2017 ,

Banner Bukalapak.
GUYS, ntar lagi sudah memasuki akhir tahun 2017 ini. Ih nggak terasa banget ya? Ini saja sudah mau akhir Oktober lho, lalu masuk ke November bulannya ultah nyokap, trus masuk Desember, bulan penuh berkat dan indah diantara bulan-bulan sebelumnya karena bentar lagi para sahabat umat Kristiani merayakan Hari Natal. Hwaaaaaaaa, time goes by banget ya.

Khusus Desember 2017 ini, para e-commerce kembali menghelat Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. _Siapkan kartu kreditmu shaggy!!!_. Sebagian besar barang yang dihadirkan mulai dari apparel, elektronik, gadget, pakaian dalam, asesoris handphone, perlengkapan traveling, pulsa, mantan eh mainan, perabot, kosmetik, dan semua-semuanya, pada perhelatan pada 12 Desember nanti akan dijual dengan harga spesial dan diskon besar-besaran. _Siapkan tenagamu kak_

By the way, Harbolnas ini ternyata sudah diadakan sejak 2012 yang lalu lho. Dan sejak saat itu dirayakan tiap tahun setiap Desember di tanggal 12-nya. Apa keistimewaan Harbolnas ini kak? Keistimewaannya adalah,  konsumen akan dimanjakan dengan segala bentuk promo menarik mulai dari diskon, voucher belanja, dan masih banyak lagi yang diberikan oleh para e-commerce tersebut. Sebaiknya, kamu-kamu yang ratu shopping, penggila diskon, pemuja barang promo, yuk save the date, dan jangan lewatkan  kesempatan yang datang hanya sekali setahun ini. Diskonnya benar-benar besar booooo.Tak heran jika banyak sekali masyarakat yang amat tertarik untuk bisa andil di hari istimewa ini.
Namun guys penikmat belanja, jangan terlalu terlena karena banjirnya voucher saat harbolnas ini. Anda juga harus jeli. Mengapa? karena terkadang momen Harbolnas ini juga sering dijadikan momen oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk berusaha mengakali orang lain demi keuntungan pribadinya.

Supaya bisa lebih waspada berbelanja secara aman nanti, berikut saya bagi tips Hindari Penipuan  Belanja Online Saat Harbolnas:
  • Waspada perusahaan palsu, Harbolnas selalu dipenuhi toko online dan e-commerce yang turut berpartisipasi dalam memberikan diskon-an. Selama rentang ini, perlu waspada dan jeli, karena bisa saja terjadi perusahaan e-commerce palsu yang menamakan perusahaan tersebut sama dengan nama e-commerce yang ada, sehingga bisa menjadikan para konsumen percaya. Jika Anda tidak waspada dengan hal ini, maka bisa jadi informasi yang sudah Anda berikan atau bahkan uang yang sudah Anda berikan justru mereka gunakan dengan sembarangan. Untuk itu, perhatikan lagi alamat URL saat Anda bertransaksi secara online. 
  • Pesan pengiriman palsu, Ada juga metode lain dalam penipuan yaitu ketika Anda sudah membeli suatu barang lalu kemudian Anda tinggal menunggu barang untuk segera dikirim. Umumnya di waktu penantian, terkadang Anda akan mendapatkan e-mail dimana barang sudah sampai di kota mana atau lokasi mana. Namun hal ini tidak sering terjadi karena e-mail seperti ini umumnya hanya terkait masalah darurat. Oleh karena itu Anda perlu mewaspadai e-mail demikian karena bukan tidak mungkin jika e-mail tersebut adalah e-mail palsu. Jika Anda diminta untuk klik suatu tautan yang dikirimkan dan membawa Anda ke situs lain yang berbeda, maka Anda wajib waspada. Bisa jadi jika mereka kemungkinan akan mampu mencuri data Anda.
  • Kenali kontak penting, Berbelanja menggunakan kartu kredit sudah menjadi hal yang umum dalam dunia online. Transaksi jenis ini juga bisa jadi celah untuk para penjahat dunia maya. Jadi, saat Anda menerima SMS dari penerbit kartu yang menyatakan adanya transaksi mencurigakan dimana Anda diminta untuk menghubungi ekstensi yang ada. Namun jangan terburu-buru. Karena, bisa jadi ini jebakan. Trik seperti ini umum dilakukan oleh para penjahat namun masih saja banyak masyarakat yang tertipu, karenanya, kenali kontak penting seperti nomor pengaduan bank tempat kartu kredit Anda dikeluarkan.
  • Waspada voucher palsu,  Nah ini neh trik penipuan lainnya. Dimana Anda diberikan voucher belanja secara gratis namun dengan syarat tertentu yang tidak masuk akal. Hal ini juga bisa jadi hanya pancingan saja untuk mendapat perhatian Anda lalu mencuri data pribadi penting Anda.
Tak hanya di momen Harbolnas saja sik, tapi dalam transaksi keseharian Anda pun,  kemungkinan kejahatan seperti ini bisa saja terjadi. Karenanya, selalu waspada dalam bertransaksi online ya guys. Be smart and be aware. ***

You Might Also Like

0 komentar