Latest Posts

Kuliah Pintar Hemat Waktu Ala Binus Online Learning

By Tuesday, May 10, 2016

photo source: http://bulc.binus.ac.id/
PERKEMBANGAN dunia teknologi dewasa ini, sedikit banyak mempengaruhi berbagai kebijakan di dunia, termasuk di Indonesia. Teknologi informasi misalnya, it's make how connected we are globally. Yep, dunia digital itu kini membuat kita tanpa sekat, tanpa batas. Kita terhubung satu sama lain.

Kalau dunia digital bisa membuat kita merasakan empati saat terjadi perang di negara lain dalam waktu yang sama, atau berbahagia bersama saat pasangan campuran bulutangkis Indonesia memenangkan kejuaraan dunia dalam waktu kejadian yang sama, mengapa kita tidak memanfaatkannya untuk membangun Sumber Daya Kreatif yang efisien untuk #MajuTanpaBatas membangun negeri ini?

Lantas, bagaimana memanfaatkan dunia digital itu untuk maju tanpa batas? reformasi di bidang pendidikan. Bagaimana bentuk reformasi itu? Mari lihat Universitas Bina Nusantara (Binus) yang memperkenalkan sistem kuliah pintar hemat waktu dengan cara belajar online. _cus melipir_

Sekilas mengenai universitas ini, awal berdirinya enam tahun sebelum saya lahir alias tahun 1981, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Didirikan Theresia Widia Soerjaningsih dan Josep Wibowo Hadipoespito, dan hingga kini telah mengeluarkan puluhan ribu alumni sukses termasuk para artis tenar saat ini seperti Raisa Andriana, Rezky Aditya, dan yang lainnya.

Seiring perkembangannya untuk menjawab kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) bernilai tinggi dan penuh kesibukan, maka berbekal pengalaman yang dimiliki, Bina Nusantara (Binus) University kini mengembangkan sayap inovasi teknologi digital itu sebagai bagian dari reformasi pendidikan mereka. Yakni dengan menyelenggarakan kuliah jarak jauh lewat program BINUS Online Learning.

Tunggu, Online Learning? Ya. Jadi, Online Learning ini menjadi media belajar bagi individu aktif yang ingin belajar mengembangkan diri tanpa harus terikat dengan jadwal dan kunjungan kampus. Maka, proses pembelajarannya dilakukan dengan cara online. Metode cara online itu menurut yang sudah berpengalaman, bisa dikelompokkan ke dalam forum diskusi, seperti class room, meet lecture, personal room, dan team room.

Aih maak, enak bener ini, tak ada keterikatan rumah-kampus-kuliah-rumah lagi. Yang ada sekarang malah, 'Saya boleh kerja sambil kuliah jarak jauh, tak terikat tempat, tak terikat waktu. Dimana pun saya berada, mau traveling, mau honeymoon, mau tugas negara ke belahan dunia mana pun, materi perkuliahan dari kampus bisa saya dapatkan langsung bahkan dari dosen yang bersangkutan'. Buset dah!!! enak benar ini kuliah online di Binus. Kenapa baru sekarang ini sistem baru ada, kenapa tak dari tahun 2004 lalu? hiks. _Ketahuan saya masuk kuliah tahun kapan. hehe_

Apa saya dikatakan generasi terlambat untuk bisa menikmati program pendidikan berbasis online learning ini? tidak juga. Memang, tak bisa dipungkiri, zaman saya kuliah selama 3 tahun 3 bulan di rentang tahun 2004-2008 di salah satu universitas negeri bergengsi di Medan untuk memperoleh titel kesarjanaan strata 1, sering kali memiliki keterbatasan waktu. Kuliah ya kuliah saja, kerja ya kerja saja. Tidak seperti sekarang ini yang bisa multitasking:  kuliah sambil kerja, atau kuliah sambil traveling for work tanpa ada batasan jadwal yang mengharuskan hadir di kampus setiap saat seperti yang diperkenalkan Binus Online Learning Ini.

http://bulc.binus.ac.id/
Ada pun pilihan pendidikan formal yang diberikan untuk layanan online ini,yakni program D3 Komputerisasi Akuntansi, Program S1 untuk Management jurusan Business Management, Program S1 Sistem Informasi jurusan Corporate Information Systems, dan program S1 untuk Akuntansi, Manajemen Marketing serta Sisem Informasi.

Tak hanya itu, ada juga pilihan magister atau Strata 2 (S2) untuk Magister Teknik Informatika - MTI dan Magister Manajemen Sistem Informasi. Namun, program S2 ini baru berlaku khusus di kawasan Jakarta saja.

Menurut Direktur Binus Online Learning, Dr. Engkos A.Kuncoro,SE,MM, program ini sudah lama dipersiapkan untuk memberi kemudahan dengan waktu yang fleksibel kepada masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas, dan berwawasan global dari universitas terpercaya seperti Binus. Nah, meski sistemnya belajar jarak jauh, dosen dan si mahasiswa atau masyarakat tersebut tetap berinteraksi, bahkan ada saat tertentu bertatap muka khusus pada pembahasan kasus, pemantapan materi kuliah dan saat ujian. Selebihnya, ya melalui internet.

Belum banyak Universitas yang dapat menyelenggarakan sistem kuliah online berkualitas seperti ini. Untuk itu, mendukung masyarakat dan civitas akademika yang ingin tumbuh bersama #MajuTanpaBatas, Binus Online Learning hadir memberikan kemudahan pendidikan untuk Anda dengan pilihan formal maupun non formal. Khusus non Formal ini, peruntukan bagi bagi mereka yang continuing education professional dan juga bagi para siswa SMU dan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah formalnya ke Binus Universiy maupun perguruan tinggi bergengsi lain nantinya.

Oh ya, lantas bagaimana dengan kredibilitas tenaga pengajar? mahasiswa Binus Online Learning tidak saja akan diajar oleh dosen-dosen berpengalaman di Indonesia, tapi juga para dosen yang di luar negeri. Mereka akan dididik dengan kemampuan belajar mandiri yang tinggi, kedisiplinan, serta mampu membangun jaringan komunikasi global . _Asyik dan keren-kan_

Sedangkan dalam sistem perkuliahannya, Binus Online Learning ini juga suda didukung fasilitas mumpuni seperti setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk, seperti, diskusi di forum, tugas individu atau kelompok, video conference, dan video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

Lalu bagaimana dengan hasil pengajarannya? Dalam sistem pengajarannya, baik si mahasiswa atau pun dosen pada akhirnya bisa bersama-sama mengatasi kendala jarak, ruang dan waktu. Dengan kualitas Employability & Entrepreneurial Skill (EES) yang dimasukkan ke dalam mata kuliah, sehingga tidak saja menghasilkan pengajaran menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja di berbagai perusahaan besar di dalam dan di luar negeri, tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan untuk negeri ini, sesuai dengan tujuan bersama, #MajuTanpaBatas.

Program ini sendiri baru hadir di beberapa kota, seperti di Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi, dalam Unit Sumber Belajar Jarak Jauh yang dikenal dengan BINUS UNIVERSITY LEARNING COMMUNITY (BULC).Ke depan akan berkembang lagi ke berbagai kota lainnya di Indonesia.

Dengan adanya BULC ini, sehingga memungkinkan para mahasiswa bisa meminimalisir bentrok waktu, misalnya, apabila si mahasiswa diharuskan tugas ke luar kota dari tempat kerjanya bertepatan dengan waktu ujian atau pun perkuliahan face to face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Berminat kuliah disini? Neh saya kasih lagi referensi bagus sebagai bahan pertimbangan. Hingga saat ini, Binus Online Learning telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik mereka, yang kini bekerja di di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional. Tak hanya itu, lewat kampus ini juga, sambil kuliah dan saat lulus nanti, mahasiswa bisa menciptakan lapangan kerja baru. Dan yang paling penting adalah dengan kuliah sistem online ini, kita bisa #MajuTanpaBatas mengikuti selera, sambil bekerja, sambil mencari jodoh, sambil traveling atau bahkan sambil jualan, atau urus anak, kita dapat kuliah kapan saja. Jadi, siapa bilang kuliah itu hanya duduk manis di kampus? _Penak belajar online di Binus toh. bhay_ ***

You Might Also Like

16 komentar

  1. Jaman makin canggih ya kak, keren juga BINUS ini, bisa kerja sambil kuliah online, keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Eka H,
      Yep bener. Makin canggih zaman, makin menyesuaikanlah semua sistem dan kebijakan. COntohnya ya kaya Binus ini, menyesuaikan sistem kuliah yang kini tak terpaku pada duduk manis di kampus lagi. Keren yak..

      Delete
  2. Kuliah jadi tak membosankan..krn belajarnya bisa dimana saja...gak mesti pergi kekampus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mba Sarah E,

      Iya bener.. lebih fleksibel yak..

      Delete
  3. "Hiduplah dengan baik hari ini seolah-olah kau akan mati esok, BELAJARlah dengan baik hari ini seolah-olah kau akan hidup untuk selamanya".

    Harus kita yakini bahwa PENDIDIKAN adalah salah satu jalan untuk meraih kesempatan baru di hari kita yang akan datang, jadi yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah, saya rasa ini merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh. JUST DO IT! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mardaud,

      Setuju... go, just do it! :)

      Delete
  4. Replies
    1. Dear Rina Rina,

      Yuk cus kita coba.. ada pelayanan online edukasi gratis juga lho.

      Delete
  5. Jadi intinya gk ada alasan lagi nih buat kita2 yang tak bisa kuliah alasan kerja full time lah, sering keluar kota sana sinilah hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Agus,

      Iya benar.. semua alasan itu sudah diminimalisir dengan jadwal kuliah online ini.. Yaaaah jadi berkurang deh alasan..wkwk

      Delete
  6. makin keren ya binus...TOP deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear uni,
      Iya uni.. keren yak.. kita dimana-mana bisa sambil kuliah.

      Delete
  7. sy dulu kuliah sambil kerja, alhamdulillah selesai juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Dzaky Dewan,
      terimakasih sudah berkunjung ya.
      Saya selalu salut kepada orang yang bisa kuliah sambil bekerja dan membiayai sendiri kuliahnya. Saya dulu boro2 bisa kerja. Kuliah mah kuliah saja. Saya baru bisa kerja itu pun ngajar private less saat udah semester akhir. Untung saja ada kuliah jarak jauh seperti program Binus ini yak.

      Delete
  8. kalo kuliah Online utk Magister , bisa gak nantinya menjadi staff pengajar (Dosen) Meskipun jenis perkuliahan utk gelar magisternya online ? takutnya nanti universitas ragu utk menerima staff pengajar dari gelar magister yang didapat dari online learning

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Putri Sakinah,
      Hi Putri.. pasti bisa dong. online itu hanya kuliahnya saja, selebihnya proses pengurusan kelulusan, kampus, tetap kaya kampus formal reguler lainnya.. Jadi tak usaha khawatir. Moga postingan ini bermanfaat buatmu yak :)

      Delete