Latest Posts

Menilik Infinite Studios, Lokasi Pembuatan Film Sekelas Hollywood di Batam

By Wednesday, March 22, 2017 , ,

 
SISA-sisa properti di balik pembuatan film I love You from 38000 ft. Lokasi syutingnya di Nongsa, Batam lo kak.
BAGI pecinta film, pasti tak asing dengan nama Hollywood. Ah jangankan pecinta film, anak kecil saja bakal tahu Hollywood meskipun mereka tak mengerti apa makna luas dari Hollywood itu sendiri. Pokoknya kalau ada film barat, kebanyakan pasti mikirnya Hollywood. Hollywood itu ya film barat; film barat itu ya Hollywood. Begitu kira-kira.
BANGUNAN dan lonceng, salah satu properti pembuatan film Jepang, Joker Game.
 Namun apa jadinya, kalau Hollywood itu juga ada di Indonesia? " Lha kok? seriusan? Ah ngaco lu Chay".

Ada, beneran. Namanya Infinite Studios (Studio Kinema Nongsa). Lokasinya di Batam, pulau terluar paling maju di Indonesia, tepatnya di wilayah Teluk Nongsa, salah satu kecamatan paling ujung di Pulau berbentuk Kalajengking ini.
Site map location Infinite Studios di Nongsa.
Sama seperti Hollywood di Los Angeles di Amerika, Infinite di  Batam, Indonesia ini juga merupakan studio atau lokasi pembuatan film. Sudah tak terhitung berapa judul film yang diproduksi di tempat ini sejak berdiri pada 2005 lalu. Tak hanya memproduksi film action, tapi di sini juga mengerjakan divisi animasi yang mempekerjakan para animator terbaik dari berbagai Provinsi di Indonesia, termasuk juga dari luar negeri. 
Old town set.

MEREKA bukan sedang dalam proses syuting berantem dalam drama percintaan remaja LOVE INTO THE DISTANCE . Mereka hanya sedang menunggu angkot saja kok. Dan sampai bangkotan pun gak bakal nemu angkot, secara itu settingan film pinggir jalan .hahaha

Setting old town 1960-an untuk film Singapura; Serangon Road dan 1965.
Lucky me, berkesempatan mengunjunginya, meniliki berbagai ruangannya bersama para rekan Blogger Kepri pada awal Maret lalu. Sudah lama tahu, sudah berapa kali wawancara dan say hi ke Mr.Mike Wiluan, sang owner yang ganteng, suka senyum, dan ramah luar biasa hingga buatku klepek-klepek sama dia. Sudah bolak-balik ke kawasannya juga, tapi untuk masuk sendiri ke studio yang luas kawasannya 14.000 + 30.000 meter persegi ini baru kali ini dong. Kemane aja lo!!!
BANGUNAN indoor studio. Luas banget lho itu di dalam. Bisa disetting menjadi penjara, kota masa depan, ruang club malam di negara asing, etc. Keren ih.

PR Infinite Studios, Mbak Bella menunjukkan foto proses syuting Beyond Skyline yang diperankan Iko Uwais saat syuting menaklukkan monster. Syuting ini berlatar pertarungan di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Nyatanya itu proses syutingnya ada di Batam lo guys.

SPOT futuristik.
Turun dari mobil, dari parkiran menuju bangunan utama perusahaan di bawah naungan PT Kinema Systrans Multimedia itu, bersama mas Bams yang mobilnya saya tumpangi, usai saling sapa dengan para rekan yang lain, Asad dkk, menuju tangga utama, mata saya langsung terpaku pada deretan lonceng raksasa yang tergantung di atas tangga. Melihatnya, pikiranku langsung teringat ruang puja, sama seperti yang saya temui di kuil Budha Maitreya, atau kuil Sen Soji di Tokyo, dan kuil Ei Heiji di Fukui. Melihat lonceng-lonceng itu langsung membuatku merasa damai, merasakan ketenangan yang diciptakan khas kuil.

Namun, ternyata oh ternyata, di balik lonceng itu hanya ruang  pertemuan yang berfungsi serbaguna. Berbalut gordyn panjang diselang-selingi lukisan klasik. Di sudut ruang itu, ada piano, sontak jari ini ingin menari-nari disana untuk mencipta nada dan bunyi. Niat mau menyanyikan satu lagu syahdu, eh tetiba rekan si DuTeKas (Duta Tempelan Kulkas), Chailuk pengen ikut-ikutan. Maka jadilah kami tandem main piano dan menyanyi. Sama seperti fungsi dari Infinite Studios itu sendiri, ketika Alfie merekam video kami saat main piano dan bernyanyi, namun hasil akhir lewat gambar visual yang kami publikasikan di media sosial pribadi kami sungguh sangat berbeda hasilnya. Sangat luar biasa. Tiba-tiba saja itu video piano, mencipta soundstages dan backlot ala-ala Ryan Gosling dan Emma Stone di film La La Land. Luar biasa!!! itu kerjaan si Chailuk yang hobi kali juga menjadi pemain kibot kampung lalu pengen tenar, setenar Ryan Gosling. Hih. Jangan harap kisanak
LAGI syuting La La Land di ruang serbaguna.

RUANG Serbaguna yang bisa berubah fungsi menjadi pub, kantor, ballroom, restoran, saat proses syuting berlangsung.

Model Victoria Secret, Chairuddin Jenner di salah satu setting location Halfworlds.
Syukurlah satpam memanggil kami, dan berakhirlah derita nestapa tuts piano yang kami mainkan dengan tekanan tenaga powerful kaya mengulek sambel itu. "Mas, mba, dipanggil briefing oleh PR-nya di luar," tanya si satpam ramah namun dengan tatap tajam. haha

Berjalan ke luar, membaur bersama para blogger lainnya, kami pun diterima dengan hangat oleh mba Bella Yolanda, Public Relation di Infinitie Studios tersebut. Dimulai dengan salam perkenalan, lalu dilanjutkan dengan keliling studio indoor dan outdoor dengan mbak Bella sebagai guidenya.

Mengelilingi studio indoor dengan luas 30 ribu meter persegi ini, diawali dengan mbak Bella mengemukakan bahwa semua setting location yang ada di studio ini adalah fake. Kaya lonceng raksasa yang tergantung di dinding pintu masuk itu tadi adalah palsu, dan sangat ringan.
JANJI Joni yang diperankan Mero dan Bams Nektar. lol

INI dia jam raksasa dengan dinding, properti set film Jepang, Joker Game.
Di sini, kami juga masih menemukan sisa-sisa slot dan spot syuting berbagai film, seperti dinding dengan jam raksasa yang hanya empat meter. Ini menjadi lokasi syuting film asal Jepang Joker Game yang dibintangi Kazuya Kamenashi dan Kyoko Fukada pada 2015 lalu. "Wait, jadi Kyoko Fukada sudah pernah datang ke Batam?" Sudah kak. Tepatnya sudah pernah syuting di Batam dan saya sebagai penggemarnya di zaman SMA tak tahu. *sedih

Dalam tayangannya di film Joker Game, ini jam raksasa seolah terpasang di menara tinggi dan di dindingnya merangkak si Kyoko yang meminta diselamatkan dalam sebuah pertempuran. Keren ya? syutingnya hanya di indoor, tapi tayangnya seolah nyata. Warbiyasak neh kerjasama studio, direktur, produser dan casting narratornya.
Mbak Bella di sumur buatan, properti pendukung film  Headshot.



RUANG penjara.
Tahu film Headshot? film action thriller Indonesia yang dibintangi Iko Uwais, Chelsea Islan, Zack Lee, dan  Julie Estelle ini, lokasi syutingnya pun di Infinite Studios Batam ini lho, termasuk di jety Turi Beach Resort. Adegan yang ada sumurnya, itu bukan di lokasi seperti yang tergambar di film, melainkan dibuat di studio indoor infinite sendiri. Semua content, desain, efek virtual dan visual, hingga proses editing ini film dikerjakan di tempat ini semua. KE to the REN kan? ya wajar dong kalau saya sebut Infinite Studios ini 11-12 eh sekelas ama Hollywood.
Setting spot pembuatan film apa ini hayo??
 
TAKING PICT setting location dengan sudut pandang berbeda.
Selain film Headshot, studio ini juga telah memproduksi film Indonesia berkelas internasional seperti The Raid 2, Halfworlds seasons 1 dan season 2 yang akan segera tayang kembali di HBO channel Asia. Bahkan 50 persen syuting film Hollywood Beyond Skyline juga di tempat ini, di Batam.



SETTINGAN dunia lain untuk film Halfworlds season 2 yang akan segera tayang di HBO.
"Khusus Black Hat yang dibintangi Chris Hemsworth, saya mau luruskan, lokasi syutingnya tidak di Infinite, melainkan di Jakarta. Infinite dalam film ini berperan sebagai tim kreatif yang membantu produksi dan informasi lokasi. Itu saja," jelas Mbak Bella.
BLACK Hat.

ANEKA pajangan proses syuting yang dilakukan di Infinite Studios.

POSTER Joker Game.
Puas mengelilingi tiap spot properti film di ruang indoor, visiting berlanjut ke ruang outdoor. Di kawasan ini, sampai sekarang pengunjung masih bisa menyaksikan properti kota Singapura setting 1960-an yang dibangun persis sesuai ukurannya. Old town setting spot ini sudah digunakan untuk berbagai film Australia-Singapura, seperti Serangon Road, serial drama yang tayang di channel ABC pada 2013 lalu. Tak hanya itu, lokasi ini juga tempat syuting film Singapura, 1965.

Sudah tak terbilang film yang dilahirkan di Infinite Studios ini, dimana propertinya bisa diciptakan menyerupai setting lokasi sebenarnya. Satu kata: KEREN.
INI bukan salah satu scene film yang dilakukan di Infinite Studios, Batam, Indonesia. Anak siapa ini? hahaha. (IF: Lala the Adventurer).
THE GIRL behind the stories of the blog catatantraveler.com

BANGUNAN perkantoran di Infinite Studios. Kaya bangunan rumah sakit di luar negeri yak. Bisa juga neh jd tempat syuting adegan ambulance yang baru datang membawa korban, lalu di pintu ujung sana sudah menunggu dokter Song Hye Kyo. Ala2 Descendant of the Sun gitu deh.. *ngayal


Fakta Unik Infinite Studios:
  1. Merupakan Studio perfilman terbesar di Asia Tenggara.  *Kita Indonesian boleh berbangga. yippiyeeeiyyy
  2. Habis pembuatan film, sebagian besar properti akan dimusnahkan, kecuali yang unik akan disimpan di museum mini.
  3. Mempunyai companion sister di Singapura dengan nama yang sama.
  4. Memiliki fasilitas lengkap, mulai dari ruang make up, catering, akomodasi hotel dan resort, dan lokasi strategis dengan akses ke pantai dan pusat kota. Membanggakan sekali bukan?
  5. Lokasinya berada satu kawasan dengan Nongsa Resort di ujung Pulau Nongsa yang dikelilingi padang golf berkelas internasional.
  6. Pernah mengerjakan proyek-proyek televisi dari Discovery Channel, Globe cast, dll.
  7. Sudah menghasilkan animasi-animasi terbaik dunia dengan memberi wadah terbuka kepada para animator terbaik dalam negeri. Kece *** 
FOTO Blogger Kepri di spot terkece jam raksasa film Joker Game, sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Alamat:
Infinite Studios,
Jl. Hang Lekiu, Teluk Mata Ikan,
Nongsa-Batam,
Kepri-Indonesia.

TERIMAKASIH KEPADA MBAK BELLA DAN INFINITE STUDIOS BATAM ATAS KESEMPATAN KUNJUNGAN INI BERSAMA REKAN BLOGGER KEPRI. 

You Might Also Like

19 komentar

  1. Udah lama penasaran ama Infinite Studios ini, akhirnya kesampaian juga ngintip ada apa aja di studio keceh ini?

    ReplyDelete
  2. wah, keren tampatnya gan, artikelnya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lokasi studiosnya sekilas biasa dari luar tapi keren banget di dalam. Terimakasih :)

      Delete
  3. bangunannya kesannya tua-tua ya, pernah kesana tapi nggak keliling karna lagi ada syuting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesannya aja sik, dibuat sesuai genre film. Next kesana harus masuk ke dalam deh kak.

      Delete
  4. Keren.... saya juga baru pertama kali ke sana... BtW kak just saran ni, tulisan yang dikasih block biru itu sudah dibaca loh! Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sarannya. saya udah ganti kok :)

      Delete
  5. bangga ya batam punya studio sebesar ini.....

    ReplyDelete
  6. duh pas bisa maen kesana rasanya senang banget, apalagi pas sampai disana baru tau kalau film-film terkenal banyak syuting disitu makin keceh lah jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa.. Infinite Studios kece banget ya Sad..

      Delete
  7. Laah daku kok gak ke ruang serba guna deh perasaan. Hikss datang terlambat banyak yg miss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya kak Lina telat dateng deh, makanya ga sempat ke ruang serbaguna.

      Delete
  8. Kapan kita maen kibot bareng lagi Kak ? #duochai #pemaenkibot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chairudin Lukman,
      Hahahaha.. nanti klo ada lagu terbaik yang pantas dikibotkan..

      Delete
  9. anjrit! baru tahu ada lokasi seperti ini di Indonesia hahaha
    keren euy!
    pengen lihat langsung rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daeng Ipul,
      Iya ada. kalau mau lihat silakan datang ke Nongsa, Batam ya. hehe

      Delete
  10. Halo kakak...untuk kunjungan kesana bagaimana caranya?
    Apakah bisa lgsg on the spot..?
    Thanks

    ReplyDelete