Latest Posts

Win Some Lose Some

By Thursday, August 20, 2015

BERAWAL dari pembicaraan seorang teman yang kehilangan seluruh dokumen perjalanan saat melakukan perjalanan di suatu kawasan di belahan benua lain. Buyarlah semua rencana dan gagallah semua jadwal yang telah ia persiapkan dalam itinerary solo travelingnya.

Sebagai teman yang mendengar, yang mempunyai passion yang sama, tentu merasa sedih. Sedih banget. Ini menjadi hal yang selalu aku takutkan saat akan menginjak kawasan baru, saat menjalani proses dari perjalanan itu sendiri. Paranoia selalu menghampiri. "Aduh bagaimana ini, jangan sampai paspor hilang, jangan sampai tiket keselip," Membayangkannya saja sudah membuat keringat dingin.

Makanya berasa sedih banget saat mendengar pengalaman kehilangannya, seolah yang kehilangan itu saya sendiri. Trenyuh!!!

But you know what? Everythings happen for a reason. Yep, tidak ada yang namanya kebetulan. Segala sesuatu yang hilang, akan membuat kita mengerti makna apa arti kehilangan itu sendiri, dan belajar menerima dengan ikhlas keadaan, lalu dengan semangat menerima kenyataan yang ada di depan.

"Tapi Tuhan ganti dengan pekerjaan di Moscow ito. Dan puji Tugan bisa menyampaikan berkat sama 6 orang lain," begitulah ucapnya dibalik hikmah kehilangannya.

Kehilangan. Apa dengan hal ini, bisa berkata "Ah sudahlah, yang hilang biarlah hilang, nanti akan tergantikan," atau menyikapinya dengan bijak dengan "Biarlah, dengan kehilangan aku bisa menerima yang baru," lantas mengucapkannya dengan iklhas?

Jujur, secara pribadi, menurutku, apa pun yang namanya kehilangan pasti berujung sedih, merasa apes. "Kok bisa?, bagaimana kejadiannya? Dimana tadi, atau teganya ia mengambil itu? atau jangan-jangan terjatuh?". Itulah pertanyaan yang selalu mengikat hingga akhirnya berujung menyesakkan dan sedih. Itu pasti! jangan kau bantah, namanya juga manusia.

Namun, waktu selanjutnya, percayalah akan tuntunan dunia. Ada lagu rohani dengan lirik yang menguatkan. Begini isinya "Seperti pelangi sehabis hujan, itulah janji setiaMu Tuhan, di balik dukaku, telah terganti harta yang kekal dan abadi".

Yep!!! di balik duka, selalu ada jawaban, atau dalam istilah sosial humanitariannya, Win Some Lose Some. Disaat kau kehilangan, percayalah kamu akan mendapatkan. Sebaliknya disaat kamu mendapatkan, percayalah dan ikhlaslah kamu pasti kehilangan. Circle teory. Kalau tidak ada yang hilang, bagaimana kita bisa menikmati apa yang namanya mendapatkan? kalau tidak ada mendapatkan 'yang baru' bagaimana kita bisa menghargai apa yang namanya kehilangan?. Disadari atau tidak, itu menjadi keseimbangan. Kuncinya, berserah penuh ikhlas dan percaya pengharapan.

Win Some, Lose Some. Kamu bisa memilih ini. Just win, or just lose then down. Itu pilihanmu. Life could be a test. Its about multiple choice right? choose it. Win some Lose Some. Disaat kamu kehilangan, saat itu juga kamu akan mendapatkan yang terbaik yang tidak pernah kamu duga dan kelak kamu akan mensyukuri setiap detil dari kejadian ini. ***


Warms Regards,
COS
Graha Pena,
Kamis, 20 Agustus 2015

(Source story: Ivan Presly Simanjuntak)

You Might Also Like

0 komentar