Latest Posts

Prudential Peduli Anak Penderita Kanker, Sumbang Mesin Apheresis

By Friday, December 22, 2017 ,

Country CEO & Chief Executive Agency Prudential Indonesia, Rinaldi Mudahar saat memperlihatkan mesin Apheresis di YOAI, Bandung, Selasa (12/12) lalu.
KALI ini postingan saya Out of Topic (OoT) dari niche blog. Lupakan sejenak cerita mengenai perjalanan, dan kulineran. Hari ini saya concern banget menggali informasi mengenai penyakit salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Kanker.

Bagaimana sih terjadinya kanker menggerogoti tubuh manusia? ketika ada sel normal rusak dalam tubuh, secara biologi, sel rusak itu harusnya mengalami apoptosis atau pembuangan dan mengalami proses penyembuhan sel baru sendiri. Namun, ada sel rusak yang menghindari apoptosis tersebut dan justru membelah diri di dalam tubuh. Sel rusak yang resistan inilah yang disebut sel kanker dan bisa cepat menyebar menjadi kanker.

Pertumbuhan sel rusak ini tidak normal, melebihi kemampuan tubuh. Umumnya, menyerang jaringan biologis dan bermetastasis ke jaringan tubuh melalui sel darah merah.

Ada berbagai jenis penyakit kanker, dan bisa saling terkait satu sama lain. Seperti kanker paru-paru,payudara, hati, perut, rektum, kanker darah, dan yang lainnya. Sesuai perkembangannya yang metastasis, kanker ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menjadi salah satu penyebab kematian setiap tahun di Indonesia.
Para petinggi Prudential Indonesia saat mengunjungi pasien anak penderita kanker.
Penyakit ini, tidak mengenal batas usia. Dia bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Khusus anak-anak, Yayasan Kanker Indonesia merilis, jumlah anak penderita kanker di negeri ini selalu meningkat di rentang angka tujuh persen setiap tahunnya.

Yang membuat miris, umumnya anak-anak penderita kanker tersebut datang dari keluarga kurang mampu. Keluarganya sangat kesulitan untuk membiayai perawatan dan pengobatan. Sangat diperlukan bantuan untuk perawatan para anak penderita kanker di negeri ini.
Acara pemotongan pipa sebagai tanda penyerahan resmi mesin Apheresis kepada YOAI.
Asuransi Prudential Indonesia pun memberikan dukungannya untuk membantu proses pemulihan dan kesehatan para pasien dengan menyerahkan satu mesin Apheresis kepada Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) di Bandung, 12 Desember lalu. Selanjutnya,mesin ini akan didonasikan ke salah satu rumah sakit (yang concern merawat para pasien) kanker, yakni RS Universitas Hasanudin di Makassar.

Mesin Apheresis ini, dalam dunia onkologi, berfungsi mengambil salah satu komponen dalam plasma darah. Dalam prosedurnya, komponen darah yang diambil hanyalah komponen yang diperlukan untuk keperluan penderita kanker, dan juga, mesin ini bisa membantu menurunkan sel darah putih sehingga kemoterapi bisa segera dilakukan.
Saat menjenguk pasien di rumah sakit.
Sebagai wujud dan komitmen Prudential untuk Indonesia, selain bantuan ke RS Universitas Hasanudin di Makassar, mereka juga telah membantu renovasi bangsal dan membiayai pengobatan pasien kanker anak di RS Kanker Dharmais, Jakarta.

Tak hanya itu, sejak 2003, salah satu asuransi tertua di dunia ini telah menyumbangkan tujuh mesin Apheresis. Berikut daftar rumah sakit yang telah menerimanya dari Prudential:
  1.  RS Dharmais, Jakarta
  2.  RSCM, Jakarta
  3.  RSUP dr. sardjito, Yogyakarta
  4.  RS Hasan Sadikin, Bandung
  5.  RSUD Soetomo, Surabaya
  6.  RSUD Sanglah, Denpasar
  7.  RS Universitas Hasanudin, Makassar.
Prudential yang berkembang di Inggris dan sudah berusia 169 tahun ini juga, menerapkan dua aspek tanggung jawab lainnya, yakni bidang pendidikan, dan juga kesiapan penanggulangan bencana. Nah, penyerahan mesin Apheresis ini sendiri merupakan penunjang penyembuhan berbagai jenis kanker sebagai bagian dari aspek tanggung jawab kesehatan.

*Perkembangan Prudential di Indonesia

PT Prudential Life Assurance atau asuransi prudential hadir melayani jasa keuangan di Indonesia sejak 1995 lalu. Perusahaan ini menjadi asuransi paling terdepan di Indonesia dan termasuk dalam grup Prudential plc yang berbasis di Inggris.

Dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia, perusahaan ini fokus dalam produk asuransi. Namun pada 1999, mereka mengembangkan sayapnya dengan produk investasi (unit link). Lalu pada 2007, dipercaya menjadi pasar asuransi jiwa syariah.

Dalam perkembangannya kini, perusahaan ini telah memiliki kantor pemasarannya di berbagai kota di Indonesia, seperti di Batam, Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, dan juga Semarang.

Mereka juga kini melayani sekitar 2,4 juta nasabah melalui lebih dari 271 ribu agen marketing di 409 KPM di seluruh nusantara. Ayo, siapa yang asuransinya Prudential, yuk tunjuk tangan bareng saya. hehe.
***


You Might Also Like

3 komentar

  1. Moga mesin Apheresis ini bisa menolong banyak penderita kanker ya, Chay.. Sedih kalo inget para penderita kanker yang berjuang melawan sakitnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. bener mba Dian.
      Tahu mengapa saya semangat mengulas review ini mbak? saya ingat almarhum teman kita, Iqbal. hiks.

      Semoga kita dijauhkan dari penyakit ini, dan semoga penderitanya diberi kesembuhan, kekuatan, ketegaran, dan semangat dalam bertahan dan mengalahkan kanker. :)

      Delete
  2. Alat ini sangat dibutuhkan penderita kanker. Semoga di Batam juga kebagian bantuannya ya... AMIN....

    ReplyDelete