Latest Posts

Lima Menu Takjil Ramadan yang Bisa Kamu Temui di Hotel

By Wednesday, June 14, 2017 , ,

Rujak (credit photo to: jokka2traveler.com
SALAH satu bagian penting dari cerita perjalanan itu adalah di bagian KULINERNYA. setuju nggak? Eh tapi kali ini bagian kulinernya bukan bagian dari perjalanan kemana gitu ke luar kota atau ke luar negeri deh, tapi bagian dari perjalanan buka puasa dari hotel ke hotel selama Ramadan ini. haha

Ramadan 2017 ini jatuh pada minggu terakhir Mei hingga akhir Juni mendatang. Tiap hotel di kota saya tinggal ini berlomba-lomba menghadirkan sajian menu berbuka puasa lewat berbagai promo all you can eat.


Sebagai Indonesia yang cinta keragaman, saya turut serta merayakan euforia Ramadan dengan menghadiri berbagai undangan-undangan buka puasa. Tahu nggak sik kamu apa momen terindah buatku kala Ramadan? yaitu Momen Berbuka Puasa. itu artinya saya bisa bebas makan enak, komplit dan sepuasnya mulai dari menu appetizer, main course, hingga dessert.

Kunjungan hotel ke hotel pun sudah saya lakukan. Dari berbagai kunjungan tersebut, saya mau merangkum lima menu takjil Ramadan yang paling saya suka ala hotel. Menu ini bisa kamu temui di mana saja, namun untuk Ramadan, berbagai menu ini naik kelas karena disajikan sebagai hidangan utama yang bisa ditemui di berbagai hotel. Berikut lima menu takjil tersebut:
1. Kurma
Kurma. Foto ini saya ambil saat berbuka puasa di Swiss-inn Hotel, Penuin, Batam.

Buah tropis ala Timur Tengah ini kaya nutrisi banget, seperti vitamin dan mineral. Saya menyukainya sejak SMP, saat nyokap beli sebagai oleh-oleh dari luar kota. Rasanya yang manis bisa dikombinasikan dengan jus buah. Masuk ke dalam kingdom plantae Palma, buah ini bermanfaat memulihkan dan melancarkan sistem pencernaan, serta menetralisir asam lambung. Dan tahu ga sik guys, rupanya biji kurma ini bisa mengatasi kebotakan juga. Caranya dijemur sampai kering, lalu ditumbuk atau diblender, lalu dicampur dengan minyak zaitun. Setelah itu oleskan deh ke kulit kepala yang mengalami kebotakan.

 2. Buah-buahan/rujak
ANEKA buah-buahan yang bisa dinikmati kala berbuka puasa di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batam.
Mengkonsumsi buah-buahan atau menu buah dengan modifikasi seperti contohnya rujak saat berbuka puasa bisa merangsang usus supaya tidak langsung bekerja keras setelah 12 jam diistirahatkan. Buah-buahan bisa mengoptimalkan kerja enzim dan menambah larutan elektrolit alami dalam lambung. Ini sehat banget.

Bukan hanya puasa saja sik, tapi disarankan pagi hari saat sarapan, seharusnya makan buah dulu baru makan makanan yang berat. _Doakan saya berhasil menerapkan ini ya.. Semangat Chayaaaa!!!_

3. Lalapan/Sayur
Lalapan dari sayur kacang panjang, toge, timun, dan kol.
Menu ini kaya serat yang bisa memperlancar pup atau BAB. Selain itu banyak mengkonsumsi sayuran, lambung dan usus kita jadi bersih lho. Istilahnya sayuran ini kaya detergen yang fungsinya membersihkan noda lho ibu-ibu. hehe  

4. Puding
Puding. (Credit photo to jokka2traveller.com)
Seringkali ini dihidangkan sebagai dessert alias menu penutup untuk pencuci mulut. Rasanya yang manis, kadang ditambah dengan topping buah-buahan sangat menyegarkan di mulut.  

5. Cake
Aneka cake di Swiss-belhote Harbour Bay, Batam. (credit photo to jokka2traveller.com)
Ini neh menu paling favoritku. Pokoknya apa pun bentuk cakenya, saya selalu suka.
Sudah dulu ah, mau berbuka puasa lagi ke kawasan Teluk Nongsa sambil menikmati sunset. Besok kita sambung lagi yaa... bye bye!!! ***



You Might Also Like

4 komentar

  1. Semuanya keliahatan enak-enak Kak Chay.
    Tp memang paling penting kalau puasa itu memperbanyak asupan buah dan sayur. Kuddos buah hotel yang menyajikan keduanya dalam porsi melimpah.

    ReplyDelete
  2. Kurma mah buah kesuakaanku banget....
    Tiap hari ngerasa belum makan kalo belum makan kurma...

    ReplyDelete
  3. itu kuah kacangmenggoda amat sih kak , eh kamu diundang apa minta diundang?

    ReplyDelete
  4. Rujaknya sungguh menggoda kak... Apalagi bacanya siang-siang begini, haduh...

    ReplyDelete