Latest Posts

Anyang-Anyangan Musuh Bersama Wanita, Sehatkan dengan Uri-cran

By Friday, May 12, 2017 , , ,

Anyang-anyangan musuh bersama wanita, sehatkan dengan uricran.
GADIS berjilbab itu datang ke kantor dengan langkah gontai dan lemas, wajahnya sayu seolah menahan sakit. Bukannya langsung menuju meja kerjanya, melainkan ia langsung merebahkan badannya ke sofa kantor.
YULITAFIA menahan sakit di perut bagian bawah karena anyang-anyangan.
"Yulita kenapa? kamu demam? Apa perlu saya ambilkan air minum?" tanyaku mendekatinya.

Yulitafia, dia salah seorang jurnalis di kantor tempatku bekerja, yang dituntut selalu sigap dalam mencari berita dengan informatif di lapangan. Yang biasanya dia cekatan dan ceria, namun hari ini ia lemas sembari mendekapkan kedua tangannya meremas perut bagian bawahnya sambil menahan sakit.

"Kayanya saya anyang-anyangan kak Chay. Sakit banget pas pipis. Gila neh asyik kebelet pipis mulu, tapi tak mau keluar. Lemas dibuatnya, meriang juga kedinginan," ujarnya lemas sambil menerima segelas air putih hangat yang saya ambilkan dari pantry buatnya.
Usai meminum air hangat yang saya berikan, ia pun kembali merebahkan diri.

Apa sih anyang-anyangan itu? Anyang-anyangan ini sering disebut radang saluran kemih bagian luar yang mengarah ke infeksi. Atau dalam istilah medisnya disebut Cystitis atau kami di Toba mengistilahkannya Pangari-arion.

WANITA uricran
 Ada pun gejala dari anyang-anyangan ini meliputi:
  • Buang air kecil yang terasa sakit dan nyeri di bagian saluran pembuangan area vagina (V) wanita.
  • Ada hasrat Buang Air Kecil (BAK) berkali-kali tapi dengan volume yang sangat sedikit.
  • Warna air seni yang keruh atau menguning, dan kadang berbau pekat.
  •  Apabila sudah infeksi parah, maka penderita akan meriang, bahkan demam.
  • Tak jarang juga wanita penderitanya mengalami nyeri panggul, sehingga mengakibatkan jalan gontai dan lemas.
Gejala inilah yang persis dialami rekan kerja saya, Yulitafia. Saya paham banget kondisi ini. Dulu sebelum jadi redaktur, waktu masih tugas di lapangan, sering banget mengalaminya. Dari segi kasus rekan Yuli dan yang pernah saya alami, penyebab anyang-anyangan ini, karena tekanan kerja mengejar narasumber, atau meliput sebuah peristiwa, mengharuskan kami harus mengesampingkan kebutuhan pribadi, misalnya telat makan, boro-boro sempat minum banyak, kami diharuskan banyak bergerak kesana-kemari demi tak kehilangan momen dan ketinggalan narasumber. Dikira mau BAK, kalau belum kebelet bisa ditahan. Udah kebelet baru deh pipis. Dimana? dimana sajalah pokoknya, yang penting ada toilet, tak peduli bersih atau tidaknya toiletnya, yang penting bisa pipis. Membersihkannya? tak pakai air, tapi pake tissu. Belum lagi cuaca panas menyengat, saat haus, bukannya minum air putih, melainkan minum air berkarbonasi campur es. Alhasil? ya berujung pada anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih ini. Umumnya jurnalis sering banget mengalaminya. _trust me. hehe_
Sebenarnya, kondisi ini bisa menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria, dengan persentase 70 persen wanita yang paling sering mengalaminya. Itulah mengapa anyang-anyangan ini sering disebut sebagai musuh bersama wanita. Bukan tanpa alasan mengapa disebut seperti itu, karena risiko seorang wanita terkena penyakit ini sepanjang hidupnya mencapai 50 persen, dan bisa dialami berulang-ulang dengan berbagai gejala berbeda karena posisi saluran kemih dengan V yang berdekatan.
Selain gejala di atas tersebut, menurut medis, penyebab lainnya dari anyang-anyangan ini karena wanita sering membilas area V dari belakang ke depan setelah BAK. Rupanya tindakan ini salah. Mengapa? karena urine dari uretra dari kandung kemih menuju bagian pembuangan sangat dekat letaknya dengan anus. Membilas dari belakang ke depan, bisa mengakibatkan bakteri Enteria coli dari usus yang keluar dari anus masuk ke saluran kemih. Bakteri ini bisa mengakibatkan anyang-anyangan dan menginfeksi kandung kemih. Parahnya, kalau tidak segera diobati, bisa mengakibatkan infeksi ginjal juga.
Nah, khusus bagi wanita yang sudah menikah dengan aktivitas seksual yang tinggi dan dalam kondisi hamil, juga berisiko tinggi terkena anyang-anyangan ini. Keluhannya sering sakit buang air kecil. Apabila tidak ditangani serius, risikonya bisa mengakibatkan bayi lahir prematur, berat badan bayi tak normal dan tak sedikit berujung pada kematian bayi.
Jadi, anyang-anyangan ini kelihatannya sepele, tapi dampaknya apabila tidak langsung ditangani, bisa sangat berbahaya bagi penderitanya.
Cara Mengatasi Anyang-Anyangan
MENUNJUKKAN foto produk Uricran dari ponsel kepada Yulitafia untuk selanjutnya ia beli di apotik terdekat.
Melihat gejala anyang-anyangan sebagai musuh bersama wanita yang bisa membahayakan, cara mengatasinya, sebelum memeriksakan diri ke dokter, bisa melakukan pertolongan pertama dengan mengisi air hangat pada kantong karet atau botol dan mengompreskannya ke bagian bawah perut. Ini bertujuan untuk mengurangi nyeri pada area kandung kemih tersebut.

Selain itu, kini telah hadir produk Prive Uri-cran dengan dua pilihan yakni serbuk dan pil. Produk dari perusahaan farmasi ternama di Indonesia, Combhipar ini menjadi solusi cerdas cara mengatasi anyang-anyangan, yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.
Khusus pil, satu kotak produk ini berisi 30 kapsul. Satu kapsul ini sangat berkhasiat karena terbuat dari bahan alami ekstrak cranberry (Vaccinium macrocarpon)  yang bekerja efektif mengatasi anyang-anyangan. Selain itu, produk ini juga berfungsi sebagai suplemen makanan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Mengingat produk ini, saya pun kembali menawarkan supaya Yulita membelinya untuk mengatasi anyang-anyangan yang ia derita kini. "Yul, coba beli produk ini deh. Anyang-anyanganmu pasti sembuh kalau sudah minum pil dari Prive Uri-cran ini. Belinya, cari di Guardian, Watsons Mega Mall atau di Kimia Farma dekat kantor Otorita saja. Pasti ada," ujarku.

PRODUK pil Uricran. Selain pil, Uri-cran ini juga tersedia dalam bentuk serbuk yang terbuat dari bahan alami ekstrak cranberry..
 Yulita pun menjawab, apa dosisnya tak terlalu tinggi? soalnya dia takut kena kontraindikasi karena mengkonsumsi obat yang baru diketahuinya. "Anyang-anyanganku bisa sehatkan dengan uri-cran ini nanti?" tanyanya.

" Bisa banget dong. Sudah banyak yang berhasil. Intinya jangan takut mengkonsumsi produk ini, karena cara bekerjanya langsung tepat sasaran ke dalam tubuh membantu memelihara saluran kemih, tak ada efek samping karena terbuat dari bahan alami, serta harganya yang terjangkau setara dengan kualitasnya," ujarku menjawab pertanyaannya.
Buat para wanita, perempuan perkasa yang cantik dengan caranya sendiri, selalulah jaga kesehatan, dan kebersihan lingkungan sekitar dan tubuh kita sendiri. Khususnya menjaga harta paling berharga kita, salah satu modal masa depan ini. Kalau mau buang air kecil, sudah langsung keluarkan saja, jangan ditahan-tahan. Karena keseringan ditahan, itu akan membuat kita kesulitan mengatasi susah buang air kecil.

Selain itu, sebelum itu semua terjadi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka berikut tips untuk mencegah anyang-anyangan hadir di hidupmu:
  • Rawat kebersihan area V secara maksimal.
  • Gunakan pembersih area V yang PHnya cocok dan seimbang dengan kebutuhanmu.
  • Setelah BAK, bersihkan area V-mu dengan cara membasuhnya dari arah depan ke belakang dengan air bersih. Itu untuk mencegah bakteri masuk ke area vagina kita.
  • Jangan pernah membiasakan menahan BAK
  • Minum air putih yang banyak, kalau bisa kurangi mengkonsumsi air berkarbonasi dan mengandung gula.
  • Konsumsi Prive Uri-cran untuk memelihara kesehatan kandung kemih. ***
    _Wanita sehat, keluarga bahagia , bangsa pun sejahtera dan terarah. Selamat Hari Wanita Internasional buat para wanita Indonesia._
    * Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Wanita Uricran SEO & Blogger Competition.





You Might Also Like

22 komentar

  1. Wihh... mantap banget gan!!! Sangat lengkap... kebetulan saudara saya ada yang sedang menderita penyakit anyang-anyangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akbar Laksono,
      Terimakasih gan..

      Waaah, langsung beli dan beri Prive Uri-cran saja ama saudaranya gan. Kasiatnya kece kok.. Tapi mengatasi perdana, suruh banyak minum air putih hangat saja, atau kompres perut bawah pake botol yang diisi air panas ya.. Semoga cepat sembuh saudaranya. :)

      Delete
  2. Wah benar sekali ya. Smoga kwnny cpt sembuh

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya ya.. Boleh nih dicoba kalau kena anyang2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat ya. Silakan :)

      Delete
  4. Wah..mantap nih info..bisa jadi panduan kalau cewek gw kena anyang2an

    Boro Boro punya cewe bang :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih.

      haha, curcol belum punya cewe ya bang.. lol

      Delete
  5. aku udah cobain hamdalah efektif banget buat menggempur anyang2an. Sila kunjungi blogku bukanbocahbiasa(dot)com yah :)

    ReplyDelete
  6. emang nggak enak bgt kalo pas anyang-anyangan, beda ama ayang ayangan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waakakaka.. catat: anyang-anyangan beda sama ayang-ayangan..hahaha

      Delete
  7. saya juga pake Prive Uri Cran buat babat habis anyang-anyangan, samaan rupanya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. mujarab banget kan ya Uricrannya.. Toss dah kalau begitu.. hehe

      Delete
  8. Prive Uricran emang TOP... bikin anyang2an hilang dan gak balik lagi....

    ReplyDelete
  9. Duh,jadi jurnalis memang sibuk ya...sampai lupa makan, minum dan suka nahan BAK.Untung ada uri-cran ya...solusi yang praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Uricran ini solusi yang pratis banget..

      Delete
  10. Penting banget ini bawa uri cran ke manapun biar ga terserang anyang2an
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.. Saya selalu bawa di tas dong. Makanya sengaja beli yang sachet serbuk. Biar kalau kambuh gitu, langsung minum.. sehat deh..

      Delete