Latest Posts

Tips Aman dan Mudah Reservasi Tiket Pesawat Secara Online

By Tuesday, April 18, 2017 , ,

SUASANA malam di Haneda International Airport di Tokyo, Jepang sesaat setelah pesawat yang membawaku berkunjung kesana mendarat. Penerbangan kesini, saya reservasi tiketnya secara online lho. :)
DEWASA ini, traveling menjadi salah satu hobi yang mendunia. Menyentuh berbagai kalangan, lintas profesi, tua dan muda. Dimana, masing-masing akun sosial media-nya menjadi ajang untuk saling berbagi pengalaman travelingnya di kota atau negara yang dikunjungi.

Lantas bagaimana sih proses dari traveling itu sendiri? Kalau saya sik gampang, selain menginjakkan kaki di kota atau negara tujuan, tentu sebelumnya ada kegiatan yang harus dijalankan toh? pertamanya beli tiket pesawat promo sambil nentuin jadwal keberangkatan dari internet, lalu packing, lalu tiba hari H, lalu berangkat dah. _Banyak banget sik lalu-lalu-nya?_
Tiket Pesawat
Berbicara mengenai membeli tiket, saya mau membagikan tips aman dan mudah reservasi tiket pesawat secara online. Namun, bentar dulu, sebelum membagikannnya, saya mau tanya, "Siapa dulu yang masa kecilnya naik kapal terbang,  eh tiket pesawatnya setebal buku?" Ayo tunjuk tangan. _Saya!!!_ Udah gitu belinya di travel agent yang jauh dari rumah, terus menunggu persetujuan dari pihak maskapai, baru bisa terbang. Nah setelah habis dipakai, itu tiket pesawat bukannya dibuang, melainkan disimpan jadi pajangan di lemari ruang tamu sebagai sesuatu hal yang patut dibanggakan. Norak ya? hwahahaha. Itu dulu tahun 1990-an saat saya masih anak-anak yang sedang lucu dan imut-imutnya.

Tahun 1990-an beda dong dengan 2017 sekarang yak. Saat ini segala sesuatu sangat mudah dengan hadirnya internet, jaringan tanpa batas yang membuat belahan dunia utara dan selatan bisa terkoneksi dalam satu waktu. _It makes how connected we are globally_


Dengan kehadiran internet sekarang ini, pembelian apa pun kita bisa mengandalkan teknologi dengan menggunakan perangkat seperti komputer, atau bahkan ponsel pintar dalam genggaman. Mau apa? mau beli makan, tinggal pilih aplikasi, pilih restoran, pilih menu, pesan, dan makanan pun diantar langsung di depan rumah. Bukan hanya itu, berbagai jenis pekerjaan pun kita bisa lakukan, bahkan untuk transaksi pembelian dan reservasi tiket, bisa dipesan secara online karena internet ini.

Nah, berbicara mengenai reservasi tiket pesawat, melakukannya secara online akan memudahkan kita para traveler untuk memilih jadwal keberangkatan tanpa harus buang waktu yang banyak. Tak perlu lagi datang ke travel agent, menunggu persetujuan dari maskapai kaya zaman dulu. Melainkan kini, sudah bisa dilakukan dengan cara mudah hanya dari rumah. Sambil tiduran? bisa reservasi. Atau sambil kayang juga bisa. Coba deh.



Nah, khusus bagi Anda yang sering mengadakan pertemuan bisnis di luar kota, reservasi tiket pesawat online ini tentunya akan sangat membantu menghemat waktu. Tinggal melihat kapan jadwal keberangkatannya, sesuaikan dengan pemilihan harga yang sudah tertera di linknya. Tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda bahwa kategori harga untuk tiket memang selalu mengalami perubahan setiap saat,apalagi khusus tiket penerbangan, ada kalanya harga normal,namun ada waktu-waktu tertentu dimana tarif mengalami penurunan yang sangat tinggi.

Sejak ada promo budget dari beberapa maskapai ini, kemudian banyak orang memutuskan menggunakan pesawat sebagai moda transportasiyang akan mengantarkan mereka ke tempat tujuan. Apalagi harganya yang sangat murah.

Terus, gimana sik reservasi tiket pesawat yang aman dan mudah apabila kita ingin melakukannya secara online? Nih kakak Chaya mau berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi: 




  1. Buka situs penjualan tiket yang resmi. Kan banyak pilihan tuch sekarang. Dengan sistem online ini akan memungkinkan kita mereservasi tiket dari berbagai website atau situs penjualan ternama. Tapi perlu dicatat, meski ternama tak semuanya  menjamin keamanan transaksi. Setidaknya lihat terlebih dahulu review dan juga rekomendasi dari orang lain. Jangan lupa juga memperhatikan maskapai yang akan akan Anda pilih, karena ada beberapa maskapai sudah memiliki channel atau website resmi untuk pembeliannya via online, jadi jaminan aman.
  2. Buka website yang bersangkutan. Di sana, nantinya ada pilihan menu untuk pembelian, termasuk reservasi. Untuk kebutuhan reservasi,Anda bisa klik, kemudian cari penerbangan (search flight) kota atau negara yang dituju. Secara langsung website akan menampilkan berbagai pilihan maskapai penerbangan dengan dereta harga sesuai jadwal pilihan.
  3. Bandingkan harga terlebih dahulu, karena di sini,beda maskapai dan juga waktu penerbangan tentunya dari segi biaya yang harus dikeluarkan juga akan sedikit berbeda.Inilah salah satu keuntungan reservasi tiket pesawat secara online, karena kita sebagai konsumen bisa membandingkan harga terlebih dahulu dengan maskapai lainnya tanpa perlu membuat waktu dan tenaga mengunjungi masing-masing maskapai.
  4. Tentukan penerbangan sekali atau Return (PP). Proses penentuan ini sangat mempengaruhi harga. Namun pada umumnya penerbangan PP pasti akan mendapatkan penawaran yang lebih istimewa dibandingkan beli tiket pesawat satuan sik.
  5. Lengkapi data diri. Dirasa sudah fix dengan reservasi tiket pesawat ini, lalu isi data diri penumpang secara detail dalam fase selanjutnya. Selain data diri, apabila berangkat lebih dari satu penumpang, lengkapi dah semuanya mulai data dari orang dewasa, kemudian anak-anak bahkan juga bayi ada hitungannya tersendiri. Selain itu, Anda juga dapat menentukan tempat duduk selamapenerbangan tersebut. Tapi dalam prosesnya, sesuaikan kebutuhan kelas atau tempat duduk sesuai budgetnya ya sis and bro. hehe.
  6. Selanjutnya? Cusss berangkat. Duh jadi ada rencana neh ajak jalan rekan traveler si Eka Handayani dan teman-teman lainnya. Yuk lah guys kita kemana. Pantengin website maskapai, kapan promo langsung kita sikat yuk.. Kangen piknik neh, kerja mulu jadi cepat kaya, gak enak sama yang lain. _Songong_ hahaha 


Check in di 1&10 Hotel and resort, Phan Tiet, Viet Nam.
Gimana? Sangat mudah bukan, tak harus menunggu hingga berjam-jam antri atau datang ke loket, cukup dengan reservasi tiket pesawat online ini, selanjutnya Anda hanya butuh menunjukkan bukti reservasi online saat check in di bandara, selanjutnya terbang deh!!! Tapi sebelumnya, bayar dulu tiketnya ya. Sistem pembayaran juga mudah dilakukan secara online juga,yaitu mengandalkan sistem transfer dari e-banking milik Anda. ***

You Might Also Like

30 komentar

  1. Oohh... begitu ya mas. Thanks ya tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Btw, saya bukan mas-mas, saya perak eh mbak.

      Delete
  2. wahh canggih bener yah kak ..

    ReplyDelete
  3. semakin mudah mau keluar daerah atau negeri ya saat ini..semenjak ada reservasi online tiket pesawat...

    ReplyDelete
  4. Buakakakakak, kerja mulu bikin kita cepat kaya ya kak. Cuss berangkat biar berkurang dikit tabungan koin dalam celengan #horangkayah lalu disebat berjamaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... iya neh, liburan yukk.. Celengan koinku udah tumpah2 lho. hha

      Delete
  5. wah cakeppppp, mantap nih kak tipsnya

    ReplyDelete
  6. Wkwkwk.. Aku termasuk yg pernah ngerasain tiket pesawat yg kayak buku itu, Chay :D Btw kapan kita ngetrip bareng?

    ReplyDelete
  7. Dengan online semua jadi mudah untuk keliling dunia dan indonesia.

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat sekali.... Ini perlu bangets bagi yang suka travelling apalagi ke luar negeri, kudu cermat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, kita harus, kudu cermat dalam membeli tiket pesawat secara online.

      Delete
  9. Penasaran gimana bentuk tiket pesawat yg kayak buku itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dian, haha.. Dia bentuknya panjang, tebel kaya kwitansi mbak. Duuh sayang dulu belum ada kamera digital. klo enggak tak foto dah. haha

      Delete
  10. Saya suka cek harga tiket di skyscanner trus bandingkan harga. Kadang buka langsung web maskapai juga.

    ReplyDelete
  11. Aku juga selalu pesan tiket online mba. Mudah dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah. samaan dong. Toss mba.. Lebih hemat waktu ya.

      Delete
  12. Ternyata penerbangan PP pasti akan mendapatkan penawaran yang lebih istimewa dibandingkan beli tiket pesawat satuan sik ya Kak.. baru tahu aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya gitu sik mbak. Dan berdasarkan pengalaman saya. :)

      Delete
  13. Reservasi online mmg memudahkan bgt sekarang. Tinggal pinter2 kita nyari harga yg paling miring

    ReplyDelete
  14. Bah, tahe!
    Termasuk aku lah di situ.
    Tiket setebal buku.
    Hajab kali kalau pas lupa naruh.
    Batal berangkat, uang lenyap.
    Kiamat, dah!
    Sekarang mah semua dalam genggaman ya.
    Malah booking bisa dapat poin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Rosanna,

      Hahaha iya.. dulu bangga banget ya pegang2 itu tiket pesawat setelah dipake.

      bener, bersyukurlah kita sekarang, booking tiket sudah dalam genggaman..

      Delete
  15. kerja mulu cepet kaya, gk enak sama yang lain wkwkwkwk nice statement kak :o

    ReplyDelete
  16. Wah tips yg menarik.
    Saya masih pakai kertas A4 berlembar lembar..hihi

    ReplyDelete