Latest Posts

Yuk Kunjungi Sumatera Utara dan Kamu Akan Takjub

By Monday, January 30, 2017 , , , ,


Danau Toba.
KAMU sering galau? gampang emosi atau mulai malas berangkat ngantor? Itu tandanya kamu kena picnic syndrome kak, atau istilah kecenya KURANG PIKNIK. Obatnya tak ada di dokter, tapi kamu bebas menemukannya di alam semesta dengan cara segeralah angkat ranselmu, bila perlu kopermu, keluar dari rumah, pergi ke tempat baru. Nikmati hawa dan suasana di tempat baru itu, hirup udaranya dalam-dalam. Rentangkan tanganmu dan teriaklah "Saya memang kurang piknik!!!!!!!!.. huh... hah". Habis itu nikmati ritme dari perjalanan itu sendiri hingga kamu siap kembali 'pulang', kembali ke rutinitas dengan semangat baru yang sudah tercharger full.

Oke-oke, jadi mau piknik kemana nih? Apa??? gak tahu?? Issh apalah. Gimana kalau kakak CatatanTraveler mengajak kalian mengunjungi kampung halamannya? Kita mengadakan trip ke Sumatera Utara. Yang setuju ngacung ya?
--------

Perbukitan Hot Spring di Pangururan, Samosir. Disini bisa mandi air panas belerang yang masih natural lho.


Belerang yang sudah membatu di hot spring, kaya salju ya. Enggak licin lho.

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian pulau besar Sumatera. Beribukota di Medan, dan secara geografis, terletak di antara Selat Malaka dan Samudera Hindia. Juga, berbatasan langsung dengan Aceh, Riau, dan Sumatera Barat.

Berbicara mengenai provinsi ini,  apabila saya berkenalan dengan sesama traveler multinegara, dan mereka menanyakan dari mana asalku, saya pasti menjawab " Dari Medan, North Sumatera, but currently living in Batam, a part of Riau Archipelago,". Sebagian besar diantara mereka akan balik merespon "Oh Sumatera Utara. Danau toba!!! Saya tinggal di sana sebulan dari tiga bulan saya mengelilingi Sumatera. Saya mengelelingi Samosir dengan sepeda. Warganya yang baik, alamnya yang sejuk, dan danau-nya yang sangat- sangat menakjubkan. Wow, itu kampungmu? aaah saya merasa cemburu, tapi setelah saya mengunjunginya, sepertinya Toba sudah menjadi bagian saya," itu respon yang tak pernah terpikir olehku saat berkenalan dengan Lucy dari Jerman. Kami satu penginapan, dan sekamar selama tiga hari kala saya mengadakan perjalanan ke Ho Chi Minh, Vietnam, 2013 lalu.

Tak hanya Lucy, Felix dari Swiss, kenalan yang bertemu saat penerbangan dari Singapura ke Krabi juga mengungkapkan pengetahuannya mengenai Sumatera Utara. "Ah North Sumatera. Saya sudah ke Tangkahan, mendaki gunung di Berastagi, and also round and round in Medan with becak. Saya sudah ke Sulawesi, Lombok, Bali juga," ungkapnya saat menunggu bus di pelataran parkir Bandara Krabi yang akan membawa kami ke Krabi town.

Benar saja sih, lebih banyak para bule yang tahu dan pernah berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya Danau Toba dibanding turis lokal dari Indonesia. Mengapa? karena harga tiket penerbangan antar provinsi di negeri ini masih mahal untuk ukuran rata-rata warga Indonesia. Padahal, sama seperti Provinsi lain di Indonesia yang memiliki destinasi wisata alam yang indah-indah, Sumatera Utara juga demikian.

Danau Toba dengan airnya yang jernih berbingkai pegunungan.
Sebut saja, Danau Toba. Ini menjadi salah satu destinasi favorit baik wisatawan manca negara maupun wisatawan lokal apabila berkunjung ke provinsi ini. Danau Toba merupakan kaldera hasil dari ledakan gunung Toba di masa prasejarah yang masih eksis hingga sekarang. Channel National Geographic seringkali membahas mengenai danau tektovulcano terbesar di dunia ini sebagai bagian dari keajaiban zaman purba yang kini menyuguhkan permata keindahan. Namun siapa sangka, ledakan gunung di Toba zaman dulu  ini juga telah turut mempengaruhi iklim di seluruh dunia.

Lalu apa yang bisa dilihat di kawasan Danau Toba selain danaunya? wisata alamnya. Jika memiliki banyak waktu, kamu bisa mengelilingi tiap sudutnya, dan menemukan berbagai ciri khas di sana. Tak hanya itu, saat dari Bandara Kuala Namu menuju danau ini, di sepanjang jalan mulai dari Siantar menuju Parapat, kamu akan berkendara di tengah Tebing Batu, dimana bagian kirinya menyuguhkan hutan hijau dengan bebatuan raksasa, di sebelah kanannya kawasan danau yang indah, yang di kejauhan kamu bisa menyaksikan Pulau Samosir di tengah danau.

Kakak pose di hot spring alias aek rangat Pangururan dek. Dingin disana tau. :)

Oh ya, menuju Pulau Samosir, dari Parapat, biasanya saya dan para pengunjung lainnya bisa naik kapal kayu bertingkat atau kapal ferry. Bagi yang membawa kendaraan, disarankan naik kapal ferry. Kapal ada setiap jam, setiap hari. Di Pulau ini, konon katanya marga-marga klan Batak lahir, yakni di Pusuk Buhit. Nah, dari Pusuk Buhit ini, kita bisa menikmati alam Samosir secara keseluruhan. Turun ke bawah, kita bisa menikmati pemandian Hot Spring atau Aek Rangat di Pangururan. Di sini, kita bisa berendam di aek rangat yang masih natural sambil menikmati danau sejauh mata memandang. Keren pokoknya. ( LIHAT DISINI )

Lalu, selain Danau Toba, apalagi yang bisa dilakukan di Sumatera Utara? Pergilah ke Berastagi di Tanah Karo. Masih menyajikan wisata alam, namun disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah cetar. Kalau di Danau Toba kita menikmati wisata alam, di Berastagi kita bisa menikmati wisata alam sekaligus wisata agro. Mengunjungi kebun aneka buah, mulai dari buah strawberry, buah apel, hingga buah jeruk.

Pasar buah Berastagi.

Pose bersama sepupu di peternakan di Pasteurisasi susu sapi Gundaling, Berastagi, yang di sekelilingnya kebun buah milik warga.
Jika kamu beruntung, pas musim jeruk, kunjungilah kebun warga di sana. Cuma bayar Rp 20 ribu, kita bisa makan jeruk sepuasnya, atau bisa juga beli buat dibawa pulang dengan harga murah. Jika tak sempat mengunjungi perkebunan warga, kamu bisa membeli aneka buah lokal tersebut di Pasar Buah Berastagi atau mengunjungi Pasteurisasi susu sapi di perbukitan Gundaling. Di sana, kita juga bisa naik delman. Bayar Rp 20 ribu, maka delman istimewa yang dikendarai kuda dengan arahan pak kusir itu akan membawa kita keliling Berastagi Kota, menikmati sejuknya udara Dataran Tinggi.

Atau ada yang mau wisata lebih menantang? jungle tracking atau menginap di hutan gitu? Sumatera Utara juga ada. Pergilah ke Bukit Lawang, atau ke Sibolangit dan Tangkahan. Tiga kawasan itu merupakan bagian dari hutan hujan tropis di kaki Bukit Barisan yang menawarkan wajah yang berbeda. Kalau di Bukit Lawang bisa menyatu dengan spesies monyet, di Sibolangit bisa berkemah sambil tracking dan repling, nah di Tangkahan, kita bisa bermain-main dan mandiin gajah di sungai. Anti mainstream banget kan? Kapan lagi coba begitu. :)
Pasar wisata Berastagi.
Lelah menjadi adventurer, kini saatnya menjadi penikmat kuliner. Medan sungguh menjadi salah satu surga bagi pemburu makanan di Indonesia. Mau cari makanan dan minuman apa? Adaaaaaaa.. semua ada. Sudah pernah icip pancake durian? Nelayan ada. Atau mau borong bika ambon dan lapis legit tanpa takut harga mahal? Jalan Gajah Mada dan Jalan Majapahit di Medan jawabannya. Atau mau tersesat sedikit ke Jalan Kruing? kamu bisa menemukan rollcake Meranti yang fenomenal disana. Bagaimana kalau mau beli manisan jambu segar? Arrrgh di berbagai sudut Kota Medan ada, pergi saja ke Pasar Ramai, Pasar Petisah atau ke Simpang Kuala. hehe.

Lantas, selain kuliner apa dong yang bisa sightseeing di Medan? Banyak banget. Kalau mau wisata religi dan budaya, bisa mengunjungi Istana Kesultanan Deli atau yang dikenal dengan Istana Maimun di pusat kota Medan. Tak hanya itu, ada juga gereja yang bangunannya unik seperti pura Hindu, yaitu Annai Velangkani di Tanjung Selamat, Medan Tuntungan dan masih banyak lagi tempat yang indah dan unik-unik untuk dikunjungi.

Annai Velangkani di Medan.

Ruang altar utama di gereja Annai Velangkani Medan.
Bagi penikmat kongkow, bisa nongkrong di Merdeka walk sambil menikmati gedung tua khas peninggalan Belanda dan Inggris di sekelilingnya, yang kini masih dirawat dan dijaga keberadaannya di kawasan Putri Hijau.

"Oh ya kak, bagaimana untuk menjangkau itu semua mulai dari mengunjungi Danau Toba hingga menikmati Kota Medan dalam beberapa hari tanpa perlu ribet. Sempat gak sih?" Oh sempat banget, bisa. Bagi kamu-kamu para calon pelancong yang mau mengunjungi berbagai tempat wisata di Sumatera Utara, yuk cus, dipastikan kamu akan takjub. Kalau mau tancap gas, langsung jalan-jalan ke sini, ini saya beri solusi deh: Sebaiknya pilih govakansi, penyedia trip yang terpercaya, dan sudah banyak berpengalaman dalam mengantarkan para tamunya ke berbagai destinasi terbaik di Indonesia.

INI pemetaan paket wisata Govakansi di seluruh Indonesia. keren yak guys.
Di govakansi ini, kita bebas memilih sendiri destinasi tujuan kita dengan harga yang terjangkau. Ke Sumatera Utara ini misalnya, mereka baru saja membuka trip privat dengan objek-objek tujuan yang kece.

Lantas gimana caranya menghubungi govakansi dan mengetahui itinerary pilihan kita? Gampang. Kunjungi saja websitenya di www.govakansi.com. 

Govakansi.
Di sini, calon pelanggan akan diberi kemudahan untuk memilih trip yang diinginkan, pilih tanggal trip, lokasi trip, setelah itu hubungi customer service-nya. Deal paket perjalannya, lalu bayar, dan selanjutnya tinggal angkat tasmu dan nikmati perjalanan seru tanpa ribet di Sumatera Utara deh. Enjoy Sumatera Utara Yaaaaaaaa... *dadah -dadah ala Putri Indonesia. :) ***

You Might Also Like

9 komentar

  1. Danau toba memang nggak ada duanya :)

    ReplyDelete
  2. 'Mulai malas berangkat ngantor' Aku sedang kena gejala ini, Chay.. Sepertinya emang lagi butuh piknik. Ajak aku ke kampungmu, Chay.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Dian,
      Ahahaha.. me too, gampang banget galau dan laper sekarang.. masa pertumbuhan badan kali ye mba.. hahaha

      Aduh, buruan piknik deh mba.. yuk cus ke kampungku.. nanti nginep di rumahku aja. :)

      Delete
  3. Aku belum pernah kesana huhuhu... Semoga ada rejeki biar bisa piknik keliling Sumatera Utara...

    ReplyDelete
  4. Aihhhhh heard so many good things about medan dan sekitarnya tapi costly bgt mbak ke daerah sana huhuhu untuk skrg ak cukup puas dgn baca2 blog org aja deh demi ngerasain secuil ttg medan.

    ReplyDelete
  5. DUa kali ke Medan tapi gagal ke Danau Toba. Padahal pemandangannya keren banget ya

    ReplyDelete
  6. Bukit Lawang asyik banget, bisa mandiin gajah, haha... Annai Velangkani mirip Sri Mariamman, ternyata gereja ya :)

    ReplyDelete
  7. Jadi kepengen piknik juga ke tanah SUmatera :D
    TFS info aplikasinya :D

    ReplyDelete